Kompas.com - 25/10/2013, 16:22 WIB
BBM di iPad KOMPAS.com/Oik BBM di iPad
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah berkali-kali, BlackBerry menegaskan bahwa aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) untuk platform Android dan iOS tidak dapat digunakan untuk tablet. Sejatinya, aplikasi ini hanya dapat berjalan di perangkat dengan kategori ponsel pintar saja.

"Hingga saat ini, BBM hanya dirancang dan fokus untuk ponsel pintar, Android dan iPhone. Kami belum berencana membuatnya untuk tablet", kata Krishnadeep Baruah, Senior Director Marketing Asia Pacific BlackBerry, dalam acara peluncuran BBM lintas platform beberapa waktu lalu di Jakarta, Indonesia.

Pernyataan ini seperti ingin mematikan harapan pengguna tablet untuk menikmati aplikasi tersebut.

BlackBerry pun kembali menegaskan hal tersebut dalam laman FAQ pada situs resmi BBM. BlackBerry menulis, aplikasi tersebut hanya dapat berjalan di sistem operasi Android 4.0 ke atas dan iPhone dengan iOS 6 ke atas. Perangkat tablet tidak akan mendukung aplikasi tersebut. Benarkah?

Ternyata tidak. Menurut pengalaman KompasTekno, aplikasi BBM ini dapat digunakan pada tablet besutan Apple, yaitu iPad. KompasTekno berhasil menjalankan aplikasi tersebut pada iPad generasi kedua versi WiFi plus seluler 3G.

Apakah pernyataan BlackBerry sebelumnya perihal penggunaan BBM di tablet sebelumnya tidak benar? Apakah BBM sebenarnya bisa dijalankan di tablet?

Hingga saat ini, BlackBerry memang masih belum merevisi pernyataan yang pernah diungkapkan sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, pada saat KompasTekno mengamati bagian "Compatibility" BBM di iTunes, kami menemukan sebuah fakta yang menarik. Ternyata, aplikasi tersebut benar-benar dapat berjalan di iPad, meskipun tidak semua model.

Menurut informasi dari bagian tersebut, BBM dapat berjalan di semua perangkat iPad dengan model WiFi yang dilengkapi dukungan jaringan seluler. iPad model WiFi only tampaknya tidak bisa menjalankan aplikasi tersebut.

Panduan mengunduh dan meng-install BBM lintas platform di iPad dapat disimak dari tautan ini.

Bagaimana dengan pengalaman Anda para pengguna tablet Android? Apakah perangkat Anda bisa menjalankan aplikasi populer ini?

Baca juga:
BBM di Android dan iOS, Apa Guna BlackBerry?
BBM di Android dan iPhone Butuh BlackBerry ID, Bagaimana Cara Membuatnya?
Bisa Apa Saja BBM di Android dan iPhone?
Pencipta BBM Komentari Orang Indonesia

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iOSDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.