Apakah Elon Musk "The Next Steve Jobs"?

Kompas.com - 28/10/2013, 11:16 WIB
Elon Musk. Elon Musk.
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Banyak orang merindukan sosok Steve Jobs dan bertanya-tanya tentang sosok yang kelak bisa menggantikannya. Hal itu bisa dimaklumi karena pendiri Apple Inc yang meninggal dunia pada Oktober 2011 itu menginspirasi banyak orang.

Inovasi-inovasi yang dibuatnya selama dia hidup telah mengubah industri digital dan kehidupan banyak orang.

Adakah orang yang mampu menggantikan Steve Jobs? Tidak ada. Itu menurut Nolan Bushnell, pendiri perusahaan video game Atari yang tak lain adalah mantan bos Steve Jobs.

Tak ada seorang pun yang mampu menggantikan Steve Jobs. Namun, ada banyak orang kreatif, berbakat, dan visioner di sekitar kita yang mampu berinovasi dan "membuat kacau" industri teknologi seperti Steve Jobs. Demikian menurut Bushnell dalam bukunya yang berjudul Finding the Next Steve Jobs—How to Find, Hire, Keep and Nurture Creative Talent.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang mencari sosok "the next Steve Jobs".

Di saat yang sama, nama Elon Musk tengah jadi sorotan. Berkat visi serta beragam inovasi futuristiknya, Musk mendapat julukan sebagai Tony Stark alias Iron Man di dunia nyata. (Baca: "Elon Musk, Sosok Iron Man di Dunia Nyata")

Apakah Elon Musk "the next Steve Jobs”? Pertanyaan itu pun akhirnya mencuat dalam situs tanya-jawab Quora. Pertanyaan ini menarik karena memang ada kesamaan di antara Musk dan Jobs. Keduanya adalah inovator. Mereka sama-sama entrepreneur yang memiliki visi akan masa depan. Mereka pun sama-sama berperan penting dalam revolusi teknologi dan industri digital.

Jobs berhasil mengubah cara orang berinteraksi dengan komputer dan internet. Dia mampu membuat hal-hal yang rumit menjadi sederhana. Hal itu bisa dirasakan ketika kita menggunakan perangkat-perangkat canggih besutan Apple.

Sementara itu, Musk berperan dalam revolusi teknologi melalui perusahaan-perusahaan yang dibangunnya, yakni PayPal, Tesla, SpaceX, dan Solar City. Dia fokus pada 3 bidang yang penting bagi kelangsungan hidup manusia di masa depan, yakni internet, antariksa, dan energi bersih.

Jadi, apakah Elon Musk dapat disebut sebagai "the next Steve Jobs"?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X