Penjualan iPhone Meroket, Laba Apple Menipis

Kompas.com - 29/10/2013, 07:55 WIB
Jajaran produk iPad dari Apple The VergeJajaran produk iPad dari Apple
|
EditorPalupi Annisa Auliani
KOMPAS.com - Apple, Senin (28/10/2013), melaporkan telah meraup miliar dollar AS dari lonjakan penjualan iPhone. Namun, tingginya biaya pembuatan beragam produk baru Apple telah "meremas" keuntungan yang didapat.

"Kami senang untuk melaporkan catatan pendapatan kuartal keempat (tahun buku keuangan), termasuk penjualan 34 juta iPhone," kata Chief Executive Apple Tim Cook dalam rilisnya. Namun biaya yang tinggi, membuat keuntungan 7,5 miliar dollar AS dari penjualan iPhone terasa seperti desisan saja.

Sepanjang tahun fiskal ini, Apple mencatatkan laba bersih tahunan 37 miliar dollar AS. Angka itu tetap mengesankan, tapi tercatat sebagai penurunan pertama pendapatan dalam 11 tahun terakhir.

Laba kuartalan Apple turun 8,6 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya, meski tetap melampaui perkiraan para analis. Keuntungan itu datang dari pendapatan senilai 37,5 miliar dollar AS pada kuartal yang berakhir 28 September 2013, yang naik empat persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

33,8 juta iPhone

Apple, perusahaan berbasis di California, Amerika serikat ini melaporkan pula telah menjual 33,8 juta iPhone, sebagai rekor baru untuk penjualan di kuartal yang berakhir pada September. Sementera penjualan iPad, menurut Apple tercatat naik tipis menjadi 14,1 juta dari angka 14 juta pada kuartal yang sama tahun lalu.

Semula Apple menargetkan kuartal keempat pada tahun fiskal ini merupakan momentum untuk lebih mempromosikan iPad, menyusul langkah Apple meluncurkan iPad Air pada pekan lalu dan peningkatan penjualan iPad Mini menjelang musim liburan Natal.

Versi baru iPad akan dilepas ke pasar mulai 1 November 2013 di lebih dari 40 pasar di seluruh dunia. Untuk pertama kalinya, China akan menjadi negara yang bakal mendapatkan iPad terbaru pada hari peluncuran. "Saya pikir itu akan menjadi Natal bagi iPad," kata Cook.

Pada pekan lalu, Apple juga memamerkan penyempurnaan pada notebook dan komputer dekstop mereka, bersamaan dengan rilis perangkat lunak bebas sebagai "pemanis". Dalam laporannya, Apple melaporkan telah menjual 4,6 juta Mac, turun dari angka penjualan pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 4,9 juta Mac.

"Kami sangat bergembira menyambut liburan dengan produk baru kami, iPhone 5c dan iPhone 5s, iOS 7, Ipad Mini baru dengan Retina Display, iPad Air yang ringan dan sangat tipis, MacBook Pro baru, Mac Pro yang radikal , OS X Mavericks, serta iWork generasi berikutnya dan aplikasi iLife untuk OS X dan iOS," papar Cook.

Beda Steve Jobs dan Tim Cook

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.