Samsung Bikin Pesaing Google Glass?

Kompas.com - 29/10/2013, 09:16 WIB
Kacamata pintar dalam dokumen paten Samsung SamsungKacamata pintar dalam dokumen paten Samsung
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Kacamata pintar dalam dokumen paten Samsung

KOMPAS.com - Sejak pertama kali diperkenalkan, perangkat kacamata pintar Google Glass telah mendapat banyak perhatian. Para produsen gadget lain pun agaknya tak mau ketinggalan membikin produk serupa.

Samsung, misalnya, diketahui mematenkan desain kacamata pintar dengan gaya sporty. Sebagaimana dilaporkan oleh Ars Technica, paten Samsung tersebut merupakan paten desain, bukan paten reguler. Ini berarti produk final dari Samsung seharusnya berbentuk mirip dengan yang digambarkan dalam dokumen paten.

Meski tampangnya terlihat seperti Google Glass, kacamata pintar Samsung memiliki perbedaan dari segi fungsi. Perangkat ini bukanlah wearable device Android yang berdiri sendiri, melainkan harus tersambung ke ponsel dengan kabel micro-USB.

Dengan kata lain, kacamata pintar Samsung kemungkinan bakal berfungsi sebagai proyeksi tampilan layar smartphone. Pendekatan ini mirip dengan yang diterapkan pada jam tangan pintar Galaxy Gear.

Meski terkesan merepotkan, sambungan micro-USB secara teori bisa mengatasi satu kekurangan perangkat wearable device dari segi baterai karena alat yang bersangkutan bisa mendapat pasokan daya dari ponsel. Kacamata pintar pun tak perlu memiliki SoC sendiri karena hanya bersifat meneruskan informasi.

Selain tampilan layar, Samsung juga menanam headset terintegrasi pada frame kacamata. Dokumen paten menjelaskan bahwa hal tersebut memungkinkan pengguna untuk "menelepon dan mendengarkan musik sambil berolahraga.

Yang mungkin menjadi masalah adalah kompatibilitas kacamata pintar yang bersangkutan dengan smartphone yang tersambung dengannya. Seperti diketahui, bahkan jam tangan pintar Galaxy Gear pun sejauh ini hanya bisa digunakan dengan beberapa ponsel Samsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, memang pernah tersiar kabar bahwa Samsung sedang menyiapkan perangkat saingan Google Glass. Produk yang disinyalir bernama "Gear Glass" -- diprediksi akan meluncur sekitar kuartal kedua 2014.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X