Kompas.com - 29/10/2013, 20:01 WIB
William C Lowe IBMWilliam C Lowe
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Seseorang yang memiliki peran penting dalam industri komputer pribadi (personal computer/PC) di dunia, William C Lowe, meninggal dunia pada 19 Oktober 2013 lalu di Lake Forest, Illinois, Amerika Serikat, pada usia 72 tahun. Dia adalah penanggung jawab penciptaan komputer pribadi di perusahaan IBM.

Putrinya yang bernama Michelle Marshal mengatakan bahwa Lowe meninggal karena serangan jantung.

Lowe bergabung di IBM sejak 1962 sebagai insinyur tes produk. Pada 1980 silam, ia mengajukan saran ke perusahaan untuk membentuk tim yang bakal menciptakan sebuah PC dalam waktu setahun. Ia ingin PC itu memakai perangkat lunak buatan perusahaan lain.

Apple dan perusahaan teknologi lain sebelumnya telah menjual PC selama beberapa tahun sebelum IBM masuk ke bisnis tersebut pada akhir 1970-an. Kala itu IBM sudah mendominasi bisnis komputer untuk kalangan perusahaan dan pemerintahan, tetapi masih menggunakan perangkat lunak buatan IBM sendiri.

"Dua dekade sebelumnya, mesin komputer IBM masih dijual dengan harga 9 juta dollar AS dan membutuhkan ruangan sebesar seperempat hektar yang dilengkapi dengan pendingin ruangan serta 60 orang staf yang bekerja sesuai petunjuk," demikian sejarah komputer IBM seperti tertulis di situs web resminya.

Setahun kemudian, Lowe dan tim memenuhi janji untuk membuat PC. PC itu diperkenalkan dengan nama IBM Personal Computer atau dikenal dengan kode nama 5150. Prosesornya menggunakan Intel 8088 dan dihargai 1.565 dollar AS, belum termasuk monitor.

Perangkat lunak yang digunakan IBM Personal Computer kala itu adalah MS-DOS 1.0 yang dibuat oleh sebuah perusahaan kecil bernama Microsoft yang berbasis di Washington State.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"PC IBM yang terbaru dapat memproses informasi lebih cepat dibandingkan mesin sebelumnya, selain itu bisa juga terhubung ke televisi rumah, bermain game, dan sebagainya," tulis IBM.

Meskipun terlambat masuk dalam bisnis PC, IBM dapat meraih sukses secara perlahan tapi pasti. Mulai dari sinilah nama Microsoft ikut tersohor.

Empat tahun setelah memperkenalkan IBM Personal Computer, kolaborasi menjadi hal umum dalam industri komputer. IBM dan Microsoft sepakat untuk mengembangkan perangkat lunak yang tidak lagi eksklusif untuk mesin komputer IBM.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.