Seperti PC, Ponsel Motorola Ara Bisa Ganti Komponen

Kompas.com - 30/10/2013, 10:22 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Motorola Mobility selaku anak perusahaan Google yang membuat perangkat mobile, baru saja memperkenalkan ponsel pintar Ara yang berbasis Android. Ponsel ini mempersilakan pemilik untuk gonta-ganti komponen hardware.

Ara merupakan platform perangkat keras yang sepenuhnya terbuka untuk dimodifikasi. Motorola Ara, mirip perangkat komputer, yang membebaskan pemilik untuk menentukan komponen dari ponsel pintar mereka sendiri.

"Tujuan kami adalah mendorong hubungan yang lebih bijaksana, ekspresif dan terbuka antar pengguna, pengembang, dan ponsel pintar mereka," tulis Google dalam sebuah publikasi di blog resmi perusahaan, Selasa (29/10/2013).

Komponen yang dapat diganti pada ponsel Ara adalah prosesor, RAM, sensor gerak, kamera, hingga baterai. Komponen-komponen ini nantinya didesain dalam bentuk yang sama agar bisa masuk ke dalam ruang yang telah disediakan.

Motorola mengatakan bakal mengundang para pengembang untuk turut mengeksplorasi proyek ini. Konsep gonta-ganti komponen ini sebenarnya umum dilakukan pada perangkat komputer pribadi.

Komponen-komponen di Motorola Ara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.