Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, BBM Android-iOS Bakal Dijejali Iklan

Kompas.com - 30/10/2013, 16:54 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CBC News
KOMPAS.comBlackBerry baru saja mengumumkan kesuksesan BlackBerry Messenger (BBM) menggaet 20 juta anggota baru yang berasal dari pengguna Android dan iOS.

Capaian ini tak lantas membuat BlackBerry berpikir ulang untuk menarik iuran dari pengguna BBM lintas platform.

BlackBerry memastikan, layanan BBM untuk pengguna Android dan iOS akan tetap gratis selamanya.

"BBM sudah jelas merupakan sebuah layanan gratis," tegas Andrew Bocking, Executive Vice President of BBM BlackBerry, saat diwawancarai The Morning Edition.

Meski digratiskan, BlackBerry mengaku telah merancang strategi bisnis untuk menghasilkan uang dari layanan BBM di Android dan iPhone. "Kami punya cara lain untuk menguangkan layanan ini," kata Andrew.
 
BlackBerry menyatakan, BBM akan menghasilkan keuntungan melalui kombinasi marketing dan iklan dari berbagai fitur yang saat ini belum diluncurkan, salah satunya BBM Channel.

Ya, BlackBerry akan memasang iklan di BBM untuk Android dan iOS.

BBM Channel sendiri adalah fitur baru yang rencananya akan ditambahkan ke BBM. Channel memungkinkan pengguna untuk berlangganan sebuah kanal yang dikelola oleh brand atau pengguna lain, mirip dengan mekanisme Twitter. Sejak pertama diperkenalkan Mei lalu, BBM Channel masih berada dalam tahap beta di BlackBerry Beta Zone.

Ini berarti begitu BBM Channel rampung dan menyambangi BBM lintas platform, berbagai macam iklan akan "berseliweran" di layar Android, iPhone, dan iPad saat pengguna mengakses layanan tersebut.

Pada tahap awal, BBM di Android dan iPhone hanya memiliki fungsi standar untuk berkirim pesan teks, mengirim voice note dan video singkat, serta membuat grup diskusi.

Fitur voice chat dan video chat dijanjikan BlackBerry akan hadir di BBM lintas platform "dalam beberapa bulan mendatang".

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iOS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CBC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com