Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Segera Produksi Jam Tangan Pintar?

Kompas.com - 30/10/2013, 19:29 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Samsung Galaxy Gear

KOMPAS.com — Google Glass adalah gadget berupa kacamata pintar yang dipelopori oleh Google. Nah, jika kabar berikut ini memang benar, maka kiprah raksasa internet tersebut di bisnis wearable device tak akan terbatas pada produk kacamata saja.

Mengutip sejumlah sumber, The Wallstreet Journal melaporkan bahwa Google akan segera memproduksi jam tangan pintar berbasis Android.

Gadget ini nantinya akan terintegrasi erat dengan Google Now, layanan personal assistant dari Google yang mampu menjawab pertanyaan, memberi rekomendasi tentang sesuatu, serta memprediksi informasi apa yang diperlukan oleh pengguna.

Jam tangan pintar Google disebut akan mampu berkomunikasi dengan gadget lain seperti ponsel pintar dan menarik informasi-informasi dari Google Now. Perangkat ini kabarnya akan mulai diproduksi massal dalam beberapa bulan ke depan.

Melalui produk jam tangan pintar tersebut, Google dikatakan bermaksud mengatasi dua kekurangan besar dari perangkat smartwatch yang beredar di pasaran, yakni kinerja baterai serta daya guna yang rendah.

Produsen-produsen seperti Samsung (Galaxy Gear) telah lebih dulu merilis produk jam tangan pintar, tetapi adopsinya masih lamban, terhalang fungsionalitas yang terbatas dan harga mahal.

Meski begitu wearable device memang diperkirakan bakal menjadi tren di masa depan, dengan penjualan tahunan mencapai 485 juta unit pada 2018, menurut lembaga riset pasar ABI Research.

Bagi Google, meluncurkan jam tangan pintar buatan sendiri bisa membantu mempertahankan pengguna di ekosistem Android dan tak beralih ke platform lain dari pesaing seperti Apple dan Microsoft.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com