Kompas.com - 31/10/2013, 12:58 WIB
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran SpeedUp Pad 7.85 di IndoComTech (30/10/2013) SpeedUp juga meresmikan kerja sama dengan 10 penyedia konten lokal.

"Ini memang salah satu upaya kami untuk membantu memajukan aplikasi lokal," ujar Rahmad Widjaja Sakti, Director of Product & Marketing SpeedUp usai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tersebut.

Sepuluh penyedia konten lokal yang menandatangani MoU itu adalah Lentera Hati (penerbit), Sinar Harapan (surat kabar), 8Element (games), Kojoanima (video animasi), Medika Consulting (aplikasi konsultasi dokter gratis), Touchten (games), Gits Toresto (kuliner), Maarif (agama, berbasis budaya dan kemanusiaan), Majalah Excellent (majalah bisnis) serta Budi dan Badu (komik anak Indonesia).

Rahmad mengatakan, kerjasama yang dilakukan berbentuk distribusi dan promosi melalui perangkat SpeedUp Pad. Ia berjanji kerjasama semacam ini akan terus dikembangkan oleh SpeedUp.

Distribusi konten untuk perangkat tersebut dilakukan melalui SpeedUp Studio, sebuah ekosistem yang berjalan di atas sistem operasi Android. SpeedUp Studio menawarkan layanan musik, majalah hingga aplikasi dengan keanggotaan dan sistem pembayaran potong pulsa.

Saat dihubungi secara terpisah Christina Julita, yang bertanggungjawab atas SpeedUp Studio, mengatakan bahwa saat ini ada sekitar 50.000 pengguna SpeedUp Studio (sebelum penjualan SpeedUp Pad 7.85).

Dari jumlah tersebut, lebih dari 35 persennya dikatakan aktif melakukan transaksi pembelian konten dan aplikasi. Jenis yang paling laris adalah konten musik dan aplikasi games.

Christina mengatakan saat ini ada lebih dari 100 developer yang bergabung dengan SpeedUp Studio. Mulai dari startup, perusahaan yang sudah mapan hingga mahasiswa.

Hal tersebut tentunya menjadi salah satu peluang bagi pengembang konten, terutama developer lokal, untuk mendapatkan pelanggan. Pihak SpeedUp menjanjikan proses menerbitkan konten di SpeedUp Studio tak akan berbelit-belit.

"Dengan tiga langkah simple yakni pertama signing MoU, kedua perkenalan dan penyesuaian konten dengan device kita, dan yang terakhir launching di SpeedUp," jelas Rahmad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.