Kompas.com - 31/10/2013, 14:26 WIB
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Dominasi Facebook di bisnis jejaring sosial global makin tak terbendung. Ditempel ketat oleh para pesaingnya, Facebook alih-alih makin berlari kencang di depan.

Kedigdayaan Facebook ini tergambar dari meroketnya jumlah pengguna layanannya. Pada Kamis (31/10/2013), sambil merilis laporan keuangan kuartal II 2013, Facebook juga membeberkan update terbaru jumlah pengguna aktifnya.

Seperti dikutip dari The Next Web, tercatat dalam bulan September lalu, pengguna aktif bulanan Facebook kini sudah melewati angka 1,19 miliar akun. Dari angka tersebut, 874 juta pengguna di antaranya mengakses Facebook dari perangkat mobile.

Pada bulan yang sama, secara rata-rata Facebook diakses secara aktif oleh 728 juta pengguna per hari, dengan 507 juta pengguna di antaranya merupakan pengakses Facebook dari ponsel dan tablet.

Ini berarti Facebook menikmati peningkatan jumlah pengguna sebanyak 18 persen untuk pengguna aktif bulanan, 25 persen untuk pengguna aktif harian, dan 45 persen pengguna mobile aktif bulanan.

Dari capaian tersebut, angka pengguna mobile-lah yang paling penting untuk Facebook. Mengapa penting? Facebook saat ini merupakan perusahaan publik yang harus membuktikan kepada investor bahwa penggunanya tetap terus mengakses Facebook saat "bergerak" atau dari ponsel/tablet.

Saat ini, pengakses Facebook dari perangkat mobile tercatat sebanyak 73,44 persen dari total pengguna. Tahun 2014 mendatang, jumlah pengakses Facebook melalui perangkat mobile diprediksi bisa mencapai 80 persen dari total pengguna.

Prestasi Facebook meraup pengguna mobile ini bisa dibilang sebagai sebuah prestasi luar biasa untuk perusahaan yang dimulai dari situs jejaring sosial berbasis desktop.

Dari hasil laporan keuangan kuartal ketiga, tercatat laba bersih Facebook naik ke angka 425 juta dollar dari merugi sebesar 59 juta dollar AS, dibanding periode yang sama tahun 2012 lalu.

Keuntungan perusahaan pun naik hampir dua kali lipat, sebesar 621 juta dollar AS dari 311 juta dollar AS dibanding periode yang sama tahun lalu.

Pendapatan (revenue) Facebook meroket sebesar 60 persen menjadi 2,02 miliar dollar AS, dari sebelumnya 1,26 miliar dollar AS. Pendapatan ini sebagian berasal dari iklan, yaitu sebesar 1,8 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.