Kompas.com - 01/11/2013, 09:48 WIB
Maskot Android KitKat Dokumentasi Sundar Pichai, kepala produk Android dan Chrome, via Google Maskot Android KitKat
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Google secara resmi merilis sistem operasi mobile terbarunya, Android versi 4.4 yang memakai kode nama KitKat, dalam sebuah jumpa pers di San Francisco, AS, Kamis (31/10/2013).

Sundar Pichai, Wakil Presiden Senior Google untuk Android, Chrome, dan Aplikasi, mengatakan bahwa KitKat dapat berjalan pada ponsel Android dengan spesifikasi komponen kelas bawah hingga kelas atas.

"Sekarang Anda memiliki sistem operasi Android yang akan berjalan di semua versi ponsel Android," kata Pichai seperti dikutip dari The Verge.

Google punya misi membawa KitKat ke satu miliar pengguna Android berikutnya melalui perangkat yang dirilis pada 2014 mendatang. Untuk merealisasikan hal tersebut, Google merancang KitKat agar dapat berjalan di ponsel yang memakai RAM 512 MB.

Sistem operasi terbaru ini juga diintegrasikan dengan bisnis utama Google, yakni mesin pencari. Ia mendukung pencarian dengan suara yang diklaim 25 persen lebih akurat.

Dalam kesempatan ini, Google juga merilis ponsel pintar terbarunya, Nexus 5, yang diproduksi oleh perusahaan LG asal Korea Selatan. Nexus 5 menjadi ponsel pertama yang memakai sistem operasi KitKat. (Baca: LG Nexus 5, Android Kitkat Pertama di Dunia).

Ponsel seharga 349 dollar AS tanpa sistem kontrak ini akan tersedia di 10 negara mulai hari ini, termasuk Amerika Serikat.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.