Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Nexus 5, Android Kitkat Pertama di Dunia

Kompas.com - 01/11/2013, 11:03 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Setelah ramai dirumorkan, ponsel Android Nexus 5 akhirnya resmi diluncurkan oleh Google, Kamis (31/10/2013). Nexus 5 yang diproduksi oleh LG menjadi ponsel Android pertama di dunia yang mengusung sistem operasi Android 4.4 Kitkat.

LG kembali dipercaya oleh Google untuk membuat smartphone Android Nexus. Sebelumnya, LG telah merancang dan memproduksi Nexus 4, pada tahun 2012 lalu. Pada Nexus 5, LG banyak mengambil elemen desain dari salah satu smartphone Android andalannya, LG G2.

Selain yang pertama untuk Android Kitkat, LG Nexus 5 juga merupakan ponsel Nexus pertama yang menggunakan layar Full-HD dan mendukung koneksi jaringan LTE.

Nexus 5 menggunakan layar Full-HD 4,95 inci beresolusi 1.920 x 1.080 piksel dengan kerapatan piksel 445 ppi. Layarnya dilindungi oleh teknologi Gorilla Glass 3.

Meskipun memiliki layar 4,95 inci, Nexus 5 yang berbobot 130 gram ini tidak terlihat bongsor. Ini semua berkat ukuran bezel yang sangat tipis.

Dari sisi hardware, smartphone ini ditenagai prosesor quad-core 2,3 GHz Qualcomm Snapdragon 800, chip grafis Adreno 330 450 MHz, dan RAM sebesar 2 GB.

Kamera belakang 8 MP dengan fitur Optical Image Stabilization bersama kamera depan 1,3 MP menjadi andalan Nexus 5 untuk urusan foto dan video. Fitur baru dari sisi kamera adalah mode HDR+, yang berguna saat pengguna mengambil banyak foto dalam satu waktu.

Urusan fitur konektivitas jaringan, Nexus 5 yang dipasangi baterai sebesar 2.300 mAH ini mendukung WiFi A/C, NFC, Bluetooth 4.0 LE, dan LTE (band: 1/3/5/7/8/20). Selain itu, Nexus 5 juga memiliki fitur wireless charging.

Google Nexus 5 akan tersedia dalam dua varian storage, 16 GB yang dibanderol sebesar 349 dollar AS dan 32 GB yang akan dijual dengan harga 399 dollar AS.

Negara-negara pertama yang bisa membeli Nexus 5 adalah Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, Korea Selatan, dan Jepang.

Belum ada informasi kapan Nexus 5 akan tersedia di Indonesia. Seperti Nexus 4, kemungkinan Nexus 5 baru hadir di Tanah Air pada Desember tahun ini atau awal tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com