Kompas.com - 02/11/2013, 08:42 WIB
Instagram InstagramInstagram
|
EditorPalupi Annisa Auliani
CALIFORNIA, KOMPAS.com — Instagram mulai menampilkan iklan di aplikasinya, Jumat (1/11/2013). Pemuatan iklan ini terkait akuisisi Instagram senilai miliaran dollar AS oleh Facebook, dan keinginan Facebook meraup pendapatan dari iklan di Instagram.

Iklan pertama yang muncul di Instagram adalah foto jam tangan wanita Michael Kors, tampil berseni dengan satu set peralatan minum kopi berteman biskuit. Tertulis sebagai keterangan foto, "Pampered in Paris".

"Michael Kors menjadi iklan pertama di Instagram pagi ini, menargetkan wanita Amerika dengan rentang usia tertentu," tulis Instagram dalam jawaban pertanyaan yang diajukan AFP. Hingga Jumat malam waktu setempat, tercatat sudah lebih dari 181.000 akun memberikan tanda "like", meski muncul juga komentar buruk dari sebagian pengguna Instagram.

KAREN BLEIER / AFP Facebook
Saat ini Instagram memiliki sekitar 150 juta pengguna aktif, berdasarkan pernyataan manajemen Facebook dalam konferensi pers kinerja perusahaan, Rabu (29/10/2013). Dengan hati-hati, Facebook juga mengatakan bahwa foto iklan di Instagram diharapkan tetap punya kualitas berkelas sehingga pendapatan dari iklan itu tetap tak membuat pengguna merasa asing dengan foto itu.

Menurut Instagram, sekarang sudah mengantre deretan foto iklan dari Adidas, Lexus, PayPal, Burberry, dan es krim Ben & Jerry. Dalam laporan kinerja, Rabu, Facebook melaporkan telah meraup laba 425 juta dollar AS, setara lebih dari Rp 4,7 triliun, untuk kuartal yang baru berakhir pada 30 September 2013.

Facebook mengakui bahwa dari angka-angka kinerja tersebut, lonjakan pendapatan berasal dari pemasukan iklan. Hampir setengah pemasukan datang dari iklan di peralatan mobile, seperti telepon pintar dan komputer tablet.

Hasil kinerja kuartal ketiga 2013 perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat, itu pun jauh melampaui perkiraan. Laporan tersebut mencatat kenaikan pendapatan senilai 2,016 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 22 triliun. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.