Kompas.com - 06/11/2013, 13:08 WIB
iPad Mini Retina Display AppleiPad Mini Retina Display
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Perusahaan teknologi Apple akan menggunakan materi batu safir di perangkat buatannya. Untuk merealisasikan hal itu, Apple dikabarkan bakal membuka fasilitas manufaktur di Arizona, AS.

Pembangunan fasilitas manufaktur tersebut menjalin kemitraan dengan GT Advanced Technologies Inc, sebuah perusahaan yang ahli dalam membuat materi batu safir.

Menurut Gubernur Arizona Jan Brewer, sebanyak 700 pekerja akan direkrut dalam proyek ini pada tahun pertama di kawasan Mesa. Apple mengonfirmasi rencana tersebut. Namun, perusahaan tidak memberi rincian materi atau produk apa yang akan dibuat di pabrik itu.

GT Advanced Technologies mengkhususkan dirinya dalam membuat materi yang berkaitan dengan kristal untuk produk elektronik dan industri lainnya. Pada Senin (4/11/2013), GT Advanced Technologies telah menandatangani perjanjian jangka panjang memasok batu safir untuk produk Apple.

Reuters melaporkan, batu safir yang dibuat tersebut akan digunakan di layar perangkat komputer.

Apple, dan beberapa perusahaan besar lainnya, belakangan ini mendorong pembukaan lapangan kerja di Amerika Serikat. Awal tahun 2013, Apple mengungkap rencana pembangunan pabrik manufaktur komputer di Austin, Texas. Motorola juga merakit ponsel pintar Moto X di kota yang sama.

Perusahaan besar lain, seperti Caterpillar dan General Electric, telah memindahkan beberapa produksi mereka ke AS selama beberapa tahun terakhir. Bulan Oktober lalu, peritel Wal-Mart Store mengumandangkan kampanye untuk membeli lebih banyak produk buatan AS.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.