Kompas.com - 07/11/2013, 10:30 WIB
CEO BlackBerry Thorsten Heins Geoff Robins ReutersCEO BlackBerry Thorsten Heins
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Dewan direksi BlackBerry memutuskan untuk mengganti CEO Thorsten Heins. Meski diminta mundur dan gagal menjual perusahaan, namun Heins tetap mendapat pesangon yang terbilang besar.

Menurut kontrak kerja yang diteken pada April 2013, Heins akan mendapat pesangon senilai 56 juta dollar AS jika ia diberhentikan menyusul penjualan perusahaan.

Namun, BlackBerry membatalkan rencananya menjual perusahaan dan meminta Heins untuk mundur. Jika kondisinya seperti ini, menurut kontrak kerja, pria berkebangsaan Jerman itu akan menerima pesangon lebih kecil, yakni 22 juta dollar AS atau Rp 250 miliar.

Perjanjian ini dibuat saat harga saham BlackBerry berada di level 14,45 dollar AS per lembar saham pada 28 Maret 2013.

Heins memulai karir di BlackBerry pada 1998, saat nama perusahaan itu masih Research In Motion (RIM). Sebelum menjabat sebagai CEO BlackBerry, ia berada di posisi chief operating officer. Pada Januari 2012, Heins menduduki pucuk kepemimpinan tertinggi di BlackBerry menggantikan duet CEO sebelumnya, Mike Lazaridis dan Jim Balsillie.

Kini, seorang bernama John Chen dipercaya menduduki posisi CEO sementara BlackBerry. Ia adalah seorang berkebangsaan Hong Kong yang bermigrasi ke Amerika Serikat pada 1973.

Pada 1998, Chen dinobatkan sebagai CEO di Sybase, sebuah perusahaan perangkat lunak database komputer yang kala itu sedang dalam krisis. Di bawah kepemimpinan Chen, Sybase perlahan bisa bangkit dan mencapai kinerja keuangan yang kuat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pria berusia 58 tahun ini berjanji membangun kembali bisnis BlackBerry, termasuk unit bisnis ponsel yang mengalami lesu penjualan karena tergerus oleh kompetitor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber AllThingsD

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.