Ongkos Produksi iPad Air Lebih Murah dari iPad 3

Kompas.com - 07/11/2013, 11:20 WIB
iPad Air AppleiPad Air
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Meski memiliki beberapa komponen yang lebih canggih dibanding iPad generasi ketiga, biaya produksi iPad Air ternyata tidak setinggi produk tersebut.

Setelah dibongkar oleh IHS iSuppli, seperti dikutip dari AllThingsD, Rabu (6/11/2013), terungkap ongkos produksi iPad generasi kelima ini berkisar antara 274 dollar AS dan 361 dollar AS, tergantung modelnya.

iPad Air sendiri dijual dengan harga mulai dari 499 dollar AS untuk model terendah (16 GB WiFi only) dan 929 dollar AS untuk model termahal (128 GB WiFi ditambah jaringan seluler LTE).

Total biaya produksi untuk model iPad Air paling murah (sebesar 274 dollar AS) ini dikatakan lebih murah 42 dollar AS dibandingkan iPad generasi ketiga.

Padahal, menurut IHS, ada beberapa perbedaan komponen yang signifikan pada iPad Air dibandingkan dengan iPad generasi ketiga.

Salah satu perbedaan terbesar datang dari segi layar dan komponen layar sentuhnya. Layar iPad Air lebih tipis dan komponen lapisan layar sentuhnya lebih sedikit dibanding dengan iPad generasi sebelumnya.

Total biaya produksi untuk layar dan komponen layar sentuhnya adalah sebesar 133 dollar AS. Secara rinci, 90 dollar AS dihabiskan untuk memproduksi panel layar dan 43 dollar AS untuk bagian layar sentuh.

"Ini jauh lebih mahal dibandingkan (generasi) sebelumnya," kata Andrew Rassweiler, seorang analis dari IHS. "Perusahaan elektronik asal Korea Selatan LG Display dan Samsung diperkirakan sebagai supplier dari layar tersebut".

Jadi, secara total biaya produksi iPad Air memang lebih murah dibanding iPad 3 tapi tidak untuk komponen layarnya. iPad Air bisa lebih murah karena masih menggunakan komponen-komponen lama, selain layar, yang sama dengan iPad 3 dan tentunya harganya saat ini sudah jauh lebih murah.

Di bagian layar sentuhnya, terdapat sensor tipe baru bernama cyclic-olefin polymer yang dilindungi lapisan Gorilla Glass buatan Corning. Apabila biasanya bagian ini terdiri dari dua lapisan kaca, kali ini hanya dibutuhkan satu lapisan saja. Sebagai hasilnya, Apple mampu menghasilkan layar dengan ketebalan 1,8 milimeter, jauh lebih tipis dari iPad 3 yang memiliki ukuran 2,23 milimeter.

Sementara, biaya yang harus dikeluarkan Apple untuk prosesor A7-64 bit adalah sebesar 18 dollar AS. Harga dari prosesor ini dikatakan lebih murah 5 dollar AS dibandingkan prosesor A5 yang ada di iPad 3. Untuk prosesor ini, Apple memesannya ke Samsung.

Untuk masalah chip jaringan, Apple menyerahkannya kepada Qualcomm. iPad Air menggunakan chip seharga 32 dollar AS dari Qualcomm untuk urusan jaringan LTE.

Perkiraan biaya produksi dari IHS ini tidak termasuk biaya pengepakan, dan biaya overhead lainnya, seperti desain, perangkat lunak dan pemasaran.



Sumber AllThingsD

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X