Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad Awalnya "Perisai Penangkal" Android

Kompas.com - 07/11/2013, 13:30 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR,Wired
Steve Jobs ketika memperkenalkan iPad, Januari 2010

KOMPAS.com — Tahun 2009, Apple yang tengah mengubah dunia komunikasi mobile lewat produk iPhone mulai menghadapi ancaman serius dari sistem operasi Android besutan Google. Masa-masa ini dijabarkan lewat buku mengenai "perang" antara Apple dan Google yang ditulis oleh editor Wired, Fred Vogelstein.

Mantan CEO Apple mendiang Steve Jobs pun ketika itu mengambil langkah untuk menangkis serangan Android. Kalau Google berusaha mengandalkan jumlah dalam menyerbu pasar mobile, Jobs mengambil langkah sebaliknya, yaitu menumbuhkan platform iOS secara vertikal dengan merilis gadget baru.

Kemudian, lahirlah iPad, perangkat yang menduduki kategori tersendiri di antara smartphone dan laptop tradisional. Tablet besutan Apple inilah yang digadang-gadang menjadi "perisai penangkal"  Android. Setelah diluncurkan, tablet ini terbukti populer di kalangan konsumen dan penjualannya meledak.

Vogelstein, sebagaimana dikutip oleh BGR, menerangkan bahwa kehadiran iPad dan integrasi yang erat antarproduk Apple telah berhasil membuktikan keberhasilan strategi platform "tertutup" dari perusahaan tersebut.

"Mungkin di seluruh dunia lebih banyak orang yang memiliki ponsel Android dibandingkan iPhone. Tetapi, mereka yang punya iPhone juga memiliki iPad, iPod touch, dan berbagai macam perangkat Apple lainnya yang menjalankan software yang sama," jelas Vogelstein.

Kemudian, perangkat-perangkat itu pun terkoneksi ke toko online yang sama (Apple App Store), dan hal tersebut menghasilkan profit yang besar untuk semua orang yang terlibat di dalam ekosistem. "Hanya orang yang memiliki kepercayaan diri macam Jobs yang bakal cukup bernyali untuk menerapkan standar tersebut," imbuh Vogelstein.

Apple sendiri melalui CEO Tim Cook beberapa waktu lalu pernah menyatakan tak terlalu mementingkan pangsa pasar dibandingkan basis pengguna yang loyal dan menguntungkan. Ini pula yang menyebabkan Apple ogah perang harga dengan para kompetitor. Tablet iPad dan iPad Mini, misalnya, hingga kini dibanderol relatif lebih mahal dibanding perangkat lain yang sekelas.

Kalau ada user base yang terus tumbuh dan antusias menyambut produk high-end buatannya, buat apa Apple membuat gadget berharga murah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com