iPhone Sudah, Ini Dia Incaran Samsung Berikutnya

Kompas.com - 08/11/2013, 13:13 WIB
Tablet Samsung Galaxy Tab 3 10 inci oik yusuf/ kompas.comTablet Samsung Galaxy Tab 3 10 inci
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Tablet Samsung Galaxy Tab 3 10 inci

KOMPAS.com — Tak cukup mengalahkan Apple dalam hal jumlah pengapalan smartphone, Samsung ingin turut mendongkel saingan beratnya itu dari posisi pimpinan di pasar tablet.

Apple kini memang menjadi produsen tablet terbesar. Firma riset IDC memperkirakan produk iPad dari perusahaan tersebut terjual sebanyak 65,7 juta unit sepanjang 2012 lalu, jauh di atas Samsung yang menjual 16,6 juta tablet dalam waktu yang sama.

Akan tetapi, Kepala Divisi Mobile Samsung JK Shin optimistis keadaan tersebut akan mulai berubah. Dia memperkirakan Samsung bakal mencatat penjualan lebih dari 40 juta produk tablet pada 2013.

"Angka pengapalan tablet Samsung mulai tumbuh dengan cepat sejak paruh kedua tahun lalu," ujarnya sebagaimana dikutip oleh ABC News.

Pada kuartal ketiga tahun ini yang berlangsung dari Juli hingga September, pangsa pasar Samsung di pasar tablet memang tercatat naik.  

Produsen asal Negeri Ginseng tersebut kini memiliki pangsa pasar global sebesar 20 persen. Sementara, dalam periode yang sama, pangsa Apple menurun menjadi 30 persen.

Angka tersebut adalah yang terendah sejak Apple memperkenalkan iPad pada 2010. Setahun lalu, penguasaan pasar Apple masih berkisar di angka 40 persen.

Dominasi Apple di pasar tablet mulai tergerus oleh Samsung yang menawarkan produk Galaxy Tab dan Note yang menawarkan berbagai macam pilihan ukuran layar.

Tren serupa telah terjadi di pasar smartphone, di mana Samsung dengan cepat meniru kesuksesan Apple yang mengubah industri mobile melalui iPhone pada 2007. Tahun 2011, pengapalan smartphone Samsung sudah melewati Apple. Setahun berikutnya, Samsung menjadi pabrikan ponsel terbesar di dunia, mengalahkan Nokia.



Sumber ABCNews
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X