Kompas.com - 08/11/2013, 16:00 WIB
Tampilan editor foto di Android Kitkat PetaPixelTampilan editor foto di Android Kitkat
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Tampilan editor foto di Android Kitkat

KOMPAS.com - Android versi 4.4 atau yang juga dikenal dengan julukan "Kitkat" telah resmi meluncur akhir bulan lalu. Akan tetapi, ada satu fitur penting yang tak disebutkan Google saat mengumumkan kehadiran sistem operasi mobile terbarunya itu.

Sebagaimana dilansir oleh PetaPixel, berdampingan dengan macam-macam kemampuan baru lainnya, Kitkat ternyata turut dilengkapi dengan aplikasi olah foto yang terbilang canggih, seperti Adobe Photoshop, untuk ukuran aplikasi mobile.

Aplikasi yang menggantikan editor foto sebelumnya di dalam Gallery ini bisa diakses dengan menekan icon "edit" saat membuka gambar. Di dalamnya terdapat sejumlah tool editing seperti selective editing, graduate filter, dan pengaturan saturasi per channel warna.

Teknologi dalam editor foto Android Kitkat terlihat seperti diambil dari Nik, pembuat aplikasi image editing populer Snapseed yang diakuisisi Google tahun lalu.

Editor foto tersebut juga bersifat non-destruktif. Artinya, foto hasil editing akan disimpan sebagai file terpisah, sementara file gambar asli tetap ada dan aman. Ketika sudah menyelesaikan proses editing, pengguna bisa menyimpan hasil modeifikasi sebagai preset filter.

Developer Android Nicholas Roard mengatakan bahwa aplikasi penyunting gambar itu nantinya akan tersedia secara default di perangkat Android 4.4 "Kitkat" dan bisa digunakan di smartphone dan tablet.

Android 4.4 "Kitkat" sendiri hingga kini baru tersedia di ponsel Nexus 5 besutan Google. Kemampuan editor foto baru tersebut bisa dilihat dalam video singkat di bawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PetaPixel
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.