Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Kitkat Bisa Olah Foto seperti Photoshop

Kompas.com - 08/11/2013, 16:00 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel
Tampilan editor foto di Android Kitkat

KOMPAS.com - Android versi 4.4 atau yang juga dikenal dengan julukan "Kitkat" telah resmi meluncur akhir bulan lalu. Akan tetapi, ada satu fitur penting yang tak disebutkan Google saat mengumumkan kehadiran sistem operasi mobile terbarunya itu.

Sebagaimana dilansir oleh PetaPixel, berdampingan dengan macam-macam kemampuan baru lainnya, Kitkat ternyata turut dilengkapi dengan aplikasi olah foto yang terbilang canggih, seperti Adobe Photoshop, untuk ukuran aplikasi mobile.

Aplikasi yang menggantikan editor foto sebelumnya di dalam Gallery ini bisa diakses dengan menekan icon "edit" saat membuka gambar. Di dalamnya terdapat sejumlah tool editing seperti selective editing, graduate filter, dan pengaturan saturasi per channel warna.

Teknologi dalam editor foto Android Kitkat terlihat seperti diambil dari Nik, pembuat aplikasi image editing populer Snapseed yang diakuisisi Google tahun lalu.

Editor foto tersebut juga bersifat non-destruktif. Artinya, foto hasil editing akan disimpan sebagai file terpisah, sementara file gambar asli tetap ada dan aman. Ketika sudah menyelesaikan proses editing, pengguna bisa menyimpan hasil modeifikasi sebagai preset filter.

Developer Android Nicholas Roard mengatakan bahwa aplikasi penyunting gambar itu nantinya akan tersedia secara default di perangkat Android 4.4 "Kitkat" dan bisa digunakan di smartphone dan tablet.

Android 4.4 "Kitkat" sendiri hingga kini baru tersedia di ponsel Nexus 5 besutan Google. Kemampuan editor foto baru tersebut bisa dilihat dalam video singkat di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com