Kompas.com - 11/11/2013, 09:59 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — iPad generasi terbaru, iPad Air, yang sedang dipajang di toko operator Vodafone di Canberra, Australia, tiba-tiba mengeluarkan api. Ledakan dan api yang membakar iPad Air tersebut dikabarkan cukup parah sehingga petugas pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api.

Seperti dikutip dari DailyMail, Senin (11/11/2013), seorang juru bicara Vodafone mengungkapkan bahwa sebuah "ledakan api" muncul dari port pengisi daya (charging) dari iPad Air yang sedang dipajang.

Ledakan tersebut diketahui cukup parah karena membuat kobaran api hebat di iPad Air tersebut. Asap dari ledakan tersebut pun sampai memenuhi toko. Saat toko tersebut mulai dipenuhi dengan asap, petugas pemadam kebakaran harus turun tangan.

Tidak ada korban jiwa, baik dari pihak karyawan maupun pengunjung toko, selama kejadian tersebut. Namun, berdasarkan pengamatan setelah kejadian, iPad Air tersebut tampak benar-benar hancur akibat terkena panas yang sangat tinggi.

Pihak Apple dikabarkan langsung begerak cepat dalam menangani kasus ini. Perwakilan Apple telah mengunjungi toko Vodafone dan mengambil tablet iPad Air yang telah terbakar ini untuk mencari tahu mengapa produk tersebut bisa terbakar sendiri.

Namun, hingga saat ini, belum ada komentar dari pihak Apple perihal kasus meledaknya iPad Air tersebut.

Ini bukan kasus ledakan pertama yang melibatkan produk besutan Apple. Sebelumnya, ada beberapa laporan mengenai iPhone yang terbakar dan melukai pemiliknya. Namun, ini merupakan kasus ledakan pertama iPad.

Berdasarkan hasil penyidikan, Apple menyimpulkan bahwa ledakan iPhone yang telah terjadi sebelumnya disebabkan penggunaan charger dari pihak tidak resmi alias bukan buatan Apple.

iPad Air sendiri untuk pertama kalinya hadir di toko pada beberapa negara tertentu mulai 1 November 2013 lalu. iPad Air dirilis dengan berbagai perubahan baru jika dibandingkan iPad generasi sebelumnya. Ia memiliki desain baru, lebih tipis, dan juga lebih ringan. Dari segi performa pun iPad Air ditunjang dengan hardware baru, seperti prosesor A7 64-bit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Dailymail

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.