Kompas.com - 11/11/2013, 12:01 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — PlayBook tampaknya tidak akan menjadi tablet terakhir yang dibesut oleh BlackBerry. Beberapa sumber dari industri memperkirakan bahwa perusahaan asal Kanada ini kemungkinan akan merilis tablet berbasis BlackBerry 10 alias PlayBook 2.

Informasi tersebut didapatkan dari situs Highlight Press, Jumat (8/11/103). Menurut sumber tersebut, seperti dikutip dari CrackBerry, kombinasi antara mundurnya CEO BlackBerry Thorsten Heins dan dana investasi 1 miliar dollar AS yang diterima merupakan satu faktor terkuat di balik prediksi tersebut.

Hingga saat ini, BlackBerry memang sudah merilis perangkat berbasis BlackBerry 10 dalam berbagai bentang layar, dari Z10, Q10, Q5, hingga yang terbaru, phablet Z30. Tablet PlayBook 2 diharapkan mampu menjadi pelengkap ekosistem produk tersebut.

Informasi perihal PlayBook 2 ini sebenarnya sedikit bertentangan dengan strategi BlackBerry ke depannya. Beberapa waktu lalu, BlackBerry pernah mengungkapkan bahwa mereka telah memutuskan untuk tetap berfokus ke bidang enterprise dan mulai mengurangi penawaran perangkat hardware, seperti ponsel pintar dan tablet.

Namun, dengan bergabungnya John Chen, sebagai pemimpin baru BlackBerry, diharapkan strategi tersebut bisa berubah.

Tablet sendiri sebenarnya bukanlah barang baru bagi BlackBerry. Mereka pernah merilis sebuah produk bernama PlayBook. Namun, produk tersebut tidak begitu laris di pasaran.

Lihat saja pada tahun 2011 lalu. Di akhir tahun tersebut, BlackBerry hanya berhasil mengirim 200.000 unit perangkat dengan sistem operasi QNX ini ke pasaran atau meleset 300.000 unit dari perkiraan. Sementara, pengiriman PlayBook pada kuartal pertama 2013 dilaporkan hanya 100.000 unit saja.

Tidak dijelaskan berapa persisnya jumlah tablet PlayBook yang benar-benar terjual karena BlackBerry hanya memberikan angka pengiriman.

BlackBerry sendiri sebelumnya pernah membuat rencana untuk menghadirkan BlackBerry 10 ke PlayBook. Sayangnya, rencana tersebut tidak pernah tercapai. Hardware dari tablet ini dianggap kurang memenuhi persyaratan sehingga akhirnya BlackBerry membatalkan rencana tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Crackberry


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.