Advertorial

Inilah Tips Memilih Notebook Yang Baik

Kompas.com - 11/11/2013, 18:36 WIB
-

Apakah Anda sedang mencari notebook baru? Informasi berikut ini bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan. Faktor-faktor apa yang menjadi dasar pertimbangan? Yang terpenting adalah sekencang apa otak notebook itu, seberapa banyak fitur yang dimiliki, apakah merupakan teknologi terkini.

Teknologi 'Otak'-nya yang Luar Biasa!

Otak yang dimaksud kami adalah Prosesor, komponen terpenting dalam komputer maupun notebook.

Dulu otak notebook hanya ada satu jenis, yaitu CPU (Central Processing Unit). Tugasnya adalah memproses kalkulasi komputer yang rumit. CPU dibedakan berdasarkan tinggi rendahnya clock dalam satuan GHz. Selama ini masyarakat sering salah tafsir bahwa semakin tinggi frequency prosesor maka semakin kencang. Pada faktanya tidaklah pasti demikian.

Sejalan dengan lajunya perkembangan aplikasi dan software semakin haus resource dalam penyajian grafis visual (seperti film HD, Games 3D, dsb), menjalankan aplikasi masa kini dengan mesin yang hanya memiliki satu ‘otak’ CPU menjadikan kinerja CPU semakin melambat. Karena itulah ditambahkan ‘otak’ kedua, yaitu GPU (Graphics Processing Unit) yang tugasnya membantu CPU dalam memproses beban visual sehingga secara keseluruhan, kinerja komputer akan meningkat.

Lajunya minat konsumen untuk membeli notebook membuat kebutuhan akan mesin gegas, dengan batere awet, multimedia lengkap, dan harga terjangkau – menjadi incaran. Melihat kebutuhan konsumen inilah yang membuat AMD merilis APU (Accelerated Processing Unit).

Apakah itu APU?

APU adalah CPU yang dipadukan dengan GPU di dalam satu keping chip. Di AMD, produk lini ini dikenal dengan A-Series. GPU yang digunakan juga tidak main-main karena AMD menggunakan   Radeon, teknologi kartu grafis gaming terbaik saat ini versi jagatreview.com(http://www.jagatreview.com/2013/10/review-radeon-r9-290x-vga-amd-r9-terbaik-dan-terkencang). Teknologi Radeon yang sama ini juga, dipercayakan untuk menjalankan konsol game seperti Nintendo Wii, Xbox, dan PlayStation 4.

Teknologi APU memberikan konsumen tiga kelebihan. Pertama, mesin menjadi awet batere. Catu daya satu satu keping dibandingkan umumnya dua keping menjadi pembeda yang nyata. Kedua, desain papan sirkuit menjadi lebih sederhana sehingga lebih ekonomis. Ketiga, dengan harga yang sama, notebook bertenaga APU mampu menangani Game ataupun program multimedia jauh lebih baik dibanding pesaing.

Teknologi APU juga memungkinkan orang yang membutuhkan kinerja lebih tinggi lagi dengan teknologi Dual Graphics. Teknologi yang hanya ada di AMD ini menyelaraskan GPU di APU dan GPU di kartu grafis sehingga kinerja notebook tambah melesat.

Notebook Penuh dengan Fitur

Notebook yang memiliki fitur lengkap akan memudahkan pekerjaan. Notebook dengan teknologi AMD sendiri memiliki segudang fitur yang membuatnya jauh lebih canggih dibandingkan notebook pada umumnya. Contohnya seperti:

AMD Gesture Control

Cukup dengan sapuan tangan di depan layar, maka notebook akan bekerja.

AMD Face Login

Teknologi ini memungkinkan Anda untuk login dengan wajah sehingga tidak perlu mengetik password di keyboard lagi.

AMD Screen Mirror

Dengan teknologi ini, Anda mampu memindahkan tampilan layar notebook ke televisi ataupun monitor lain secara nirkabel.

Notebook Pemenang Penghargaan.

laman ini. (adv)



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Editoradvertorial
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X