Bikin Prosesor iPhone, Apple Tunjuk New York dan Samsung

Kompas.com - 12/11/2013, 10:57 WIB
Data sidik jari pengguna dienkripsi dan dikunci dalam prosesor Apple A7 AppleData sidik jari pengguna dienkripsi dan dikunci dalam prosesor Apple A7
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple dikabarkan akan menunjuk GlobalFoundries, perusahaan manufaktur yang berbasis di California, untuk memproduksi prosesor seri Ax. Chip tersebut nantinya akan digunakan untuk mempersenjatai iPhone dan iPad.

Produksi chip oleh GlobalFoundries sendiri akan dilaksanakan di salah satu area pabrik yang dinamakan Fab 8. Yang menarik, lokasi pabrik tersebut bukan di China, melainkan di salah satu wilayah Amerika Serikat, yaitu Malta, New York.

Menurut situs lokal The Times Union, untuk awalnya, tim dari GlobalFoundries akan mendapat arahan langsung dari Samsung untuk proses produksi chip seri A.

"Sebuah tim kecil dari Samsung akan mengunjungi Fab 8 dengan "resep" pembuatan chip Apple. Samsung akan membantu Global Foundries mengatur proses produksi di Fab 8 yang dibutuhkan untuk membuat chip," tulis The Times Union, seperti dikutip dari MacRumors, Selasa (12/11/2013).

Samsung merupakan perusahaan yang sudah lama ditunjuk oleh Apple untuk produksi chip tersebut. Perusahaan yang berpusat di Korea Selatan ini pun memiliki pabrik di Austin, Texas, yang bertugas untuk produksi chip seri A.

Dengan dua kelebihan tersebut, tidak aneh apabila Samsung dipilih untuk membagikan "rahasia" produksi chip kepada GlobalFoundries.

Selain Samsung, di awal tahun ini, Apple dikabarkan telah bekerja sama dengan perusahaan asal Taiwan, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSM), juga untuk produksi chip ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Mac Rumors
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X