Tahun Depan, AMD Bawa Kemampuan PS4 ke PC

Kompas.com - 12/11/2013, 17:07 WIB
AMD Kaveri oik yusuf/ kompas.comAMD Kaveri
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

SAN JOSE, KOMPAS.com - Pertama kali dipertunjukkan pada gelaran Computex 2013 di Taipei, Juni lalu, prosesor terbaru dari AMD yang memiliki kode nama "Kaveri" dipastikan bakal mulai hadir mulai tahun depan, tepatnya pada 14 Januari 2014.

Hal tersebut diungkapkan oleh wakil presiden senior dan manajer umum unit bisnis Global AMD Lisa Su ketika memberikan sambutan dalam acara konferensi AMD Developer Summit 2013 di San Jose, Amerika Serikat yang dihadiri wartawan KompasTekno, Oik Yusuf.

Su menjanjikan bahwa chip yang meneruskan tongkat estafet dari keluarga prosesor "Richland" ini akan membawa kapabilitas grafis seperti PlayStation 4 ke PC. Ini diwujudkan melalui dukungan Application Programming Interface (API) Mantle yang dikembangkan khusus untuk pengolah grafis bikinan AMD, termasuk chip GPU terintegrasi pada Kaveri.

PlayStation 4, berikut konsol saingannya, Xbox One dari Microsoft, memang turut diperkuat oleh prosesor besutan AMD yang dirancang khusus untuk kedua mesin game tersebut.

"Kaveri menggunakan inti CPU yang baru, berbasis arsitektur Steamroller, serta diperkuat inti GPU graphics core next dengan kemampuan serupa konsol game generasi berikutnya," ujar Su.

Kaveri mengusung desain Heterogeneous System Architecture (HSA) yang secara teoritis memungkinkan GPU terintegrasi pada prosesor tersebut lebih mudah diakses dan dimanfaatkan oleh developer dibandingkan sebelumnya.

Baik CPU maupun GPU pun bisa diamanfaatkan dengan efisien sesuai dengan kelebihan masing-masing. CPU akan menangani tugas-tugas pemrosesan serial sementara GPU mengambil alih pemrosesan pararel, seperti rendering efek visual pada aplikasi video editing. Kaveri akan menjadi prosesor pertama dari AMD yang menerapkan HSA.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kaveri sendiri awalnya akan hadir dalam bentuk chip socket FM2+ untuk desktop, notebook, serta produk-produk server dan embedded Computing. Informasi lebih detail tentang prosesor baru AMD ini akan diungkapkan pada perhelatan Consumer Electronic Show 2014, Januari tahun depan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.