Kompas.com - 14/11/2013, 06:50 WIB
Topan Haiyan dilihat dari antariksa. Astronot Karen Nyberg memotretnya dari International Space Station pada sabtu (9/11/2013). Karen NybergTopan Haiyan dilihat dari antariksa. Astronot Karen Nyberg memotretnya dari International Space Station pada sabtu (9/11/2013).
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Badai Haiyan (disebut juga Yolanda) yang menerjang Filipina sedang menarik perhatian dunia. Bukan hanya karena skala kerusakan yang ditimbulkan saja, namun jumlah korban yang tewas tergolong besar, mencapai 10.000 jiwa.

Apa yang bisa kita lakukan sebagai orang yang melek teknologi untuk membantu?

Doa dan simpati yang diekspresikan pengguna Facebook dan Twitter memang layak diapresiasi. Namun akan lebih berarti lagi jika kita bisa memberikan kontribusi. Banyak agensi yang membuka donasi online, salah satunya adalah organisasi Philippines Red Cross (Palang Merah Filipina).

Dalam website Philippines Red Cross terdapat menu Donate di mana kita bisa berkontribusi. Donasi ini bisa dilakukan melalui akun PayPal, PayDollar, Multiply, dan sebagainya. Situs WHF dan UNICEF juga memberikan opsi yang sama.

DigitalTrend memberitakan bahwa EBay dan PayPal telah bekerjasama untuk memberikan layanan bagi pelaku e-commerce untuk berderma. Beberapa persen dari transaksi yang dilakukan akan dipotong untuk disumbangkan, antara 10-100%.

Situs web dan pemetaan

Selain itu, masih banyak bentuk kontribusi dunia teknologi informasi di saat bencana. Kita tahu Google telah melakukan pemetaan sesaat dan sesudah badai menerjang. Department of Social Welfare and Development (DSWD)Filipina juga telah mengembangkan peta mitigasi bencana, demikian dikutip dari TechinAsia.

Peta ini mirip dengan Google Map, hanya saja memuat informasi area yang rusak, lokasi evakuasi, posko bencana, rumah sakit, dan sebagainya.

Selain peta, terdapat juga website yang berisi informasi jumlah dan nama korban, serta informasi orang hilang. Situs web Bangon Pilipines ini dibuat oleh David Overton yang juga memuat informasi kebutuhan apa yang mendesak untuk dipenuhi di area tertentu.

Layanan Person Finder

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X