Kompas.com - 14/11/2013, 07:24 WIB
AMD oik yusuf/ kompas.comAMD
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

SAN JOSE, KOMPAS.com — Ajang Developer Summit 2013 turut dimanfaatkan AMD untuk memperkenalkan dua prosesor System-on-Chip (SoC) hemat daya baru, yaitu "Beema" dan "Mullins". Mereka adalah penerus seri SoC sebelumnya, "Kabini" dan "Temash".

Kedua SoC mengusung jenis core CPU bernama "Puma" yang merupakan pengembangan dari core "Jaguar". AMD memangkas tingkat konsumsi daya dua prosesor tersebut hingga lebih rendah dibandingkan pendahulunya.

Kendati demikian, pemangkasan daya dijanjikan tidak mengurangi performa, bahkan sebaliknya. "Mullins memiliki kinerja per watt dua kali lebih tinggi dari generasi sebelumnya, demikian juga dengan Beema," ujar Gabe Gravning, Direktur Pemasaran Klien AMD, dalam acara yang dihadiri langsung wartawan KompasTekno, Oik Yusuf, di San Jose, California.

AMD
AMD

Beema merupakan SoC dengan kisaran daya 10-25 watt yang ditujukan untuk komputer "hybrid" atau "2-in-1" serta notebook, sementara Mullins yang memiliki rating daya hanya 2 watt diperuntukkan bagi perangkat mobile seperti tablet.

Rendahnya konsumsi daya Mullins bakal memungkinkan AMD menanam lebih banyak core CPU dalam perangkat mobile. "Nantinya kami bisa memakai cip quad-core di tablet fanless," imbuh Gravning.

Selain itu, Mullins dan Beema akan turut dilengkapi prosesor pendamping berupa core ARM Cortex-A5 yang ditanam dalam kemasan SoC. Prosesor ini, tambah Gravning, khusus menangani hal-hal yang berkaitan dengan sekuriti. "Untuk memungkinkan skenario-skenario seperti mobile payment." Keduanya juga mendukung fitur InstantGo pada Windows 8.1

Mullins dan Beema diharapkan bisa memperkuat posisi AMD di tengah-tengah industri PC yang mengalami pergeseran ke arah perangkat mobile dan hybrid. Produk-produk yang memakai kedua SoC rencananya sudah akan mulai tersedia pada paruh pertama 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.