Terungkap, Alasan Steve Jobs Benci Android

Kompas.com - 14/11/2013, 10:12 WIB
Steve Jobs ReutersSteve Jobs
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Sudah bukan rahasia lagi bahwa Steve Jobs, salah satu pendiri Apple, membenci sistem operasi Android besutan Google.

Rasa benci Jobs terhadap sistem operasi mobile terpopuler itu pun sudah beberapa kali dituangkan dalam bentuk buku. Salah satu buku yang mengisahkan hal tersebut berjudul Dogfight: How Apple And Google Went to War And Started a Revolution karangan Fred Vogelstein.

Dalam buku yang baru dirilis ini, seperti dikutip dari Business Insider, Vogelstein menceritakan, ketiga petinggi Android, Larry Page, Sergey Brin, dan Eric Schmidt, sebenarnya sudah memberi tahu adanya proyek Android kepada Jobs.

Tidak ada rasa benci dari Jobs ketika ketiganya menceritakan adanya proyek sistem operasi tersebut. Awalnya, bos-bos besar Google ini berhasil meyakinkan bahwa Android akan tampil beda dari iPhone. Jobs pun memercayai perkataan tersebut.

Namun, ketika ia melihat sendiri produk jadi Android, rasa amarah Jobs pun mulai muncul. Ia mulai tidak menyukai Android dan orang yang mendesainnya, yaitu Andy Rubin.

"Semuanya mencontek apa yang telah kita buat," kata Jobs.

Minta diubah

Setelah melihat adanya kesamaan antara Android versi awal dengan iOS pada iPhone, Jobs langsung meminta Google untuk melakukan banyak perubahan.

Sekadar informasi, sebelumnya, Apple dan Google sebenarnya memiliki hubungan yang cukup mesra. Tidak ada masalah di antara kedua perusahaan raksasa ini. Bahkan, Eric Schmidt, CEO Google, terdaftar sebagai salah satu direksi Apple. Oleh karena itu, tidak aneh apabila Jobs bisa langsung meminta Google melakukan perubahan.

Menurut Vogelstein, masih dari buku yang sama, saat itu Jobs mengadakan pertemuan dengan Scott Forstall, orang yang bertanggung jawab terhadap pembuatan iOS untuk iPhone, dan petinggi Google, seperti Larry Page, Alan Eustace, dan Andy Rubin.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X