Kompas.com - 15/11/2013, 12:29 WIB
|
EditorWicak Hidayat
MAKAU, KOMPAS.com - Kehadiran aplikasi BlackBerry Messengger (BBM) di ponsel Android mendongkrak penggunaan ponsel Andromax dari Smartfren, khususnya di harga kurang dari Rp 1 juta. Ini menjadi pasar empuk bagi Smartfren di masa datang.

Head of Marketing & Communication PT Smartfren Telecom (Smartfren) Roberto Saputra mengatakan, meski penjualan Blackberry berbasis jaringan CDMA mengalami penurunan hingga 50 persen, tetapi penggunaan aplikasi BlackBerry Messenger mengalami peningkatan dua kali lipat. Hal itu disebabkan oleh ketersediaan aplikasi BBM di perangkat Android, termasuk handset Andromax.

"Kenaikannya ada di Andromax kelas entry level dengan harga kurang dari Rp 1 juta. Dari sebelumnya sebanyak 2.000 (aktivasi BBM), sekarang menjadi 5.000 per hari," kata Roberto di sela-sela kunjungan bersama wartawan di China, Jumat (15/11/2013).

Melihat tren peningkatan itu, Roberto optimistis bahwa penjualan Andromax di bawah harga Rp 1 juta akan mengalami kenaikan pada tahun depan. Hal itu antara lain didorong oleh stagnansi pasar smartphone di kisaran harga Rp 7 juta.

Sementara itu, persaingan ketat terjadi di kelas Rp 3 juta-Rp 4 juta. Tahun ini Smartfren menargetkan penjualan bundel handset Andromax sebanyak 1,3 juta. Roberto mengatakan, tahun depan target tersebut digandakan dua kali lipat.

"Sekarang kontribusi Andromax entry level 50 persen dari penjualan. Tahun depan kontribusinya bisa mencapai 80 persen," ujar Roberto.

Saat ini ponsel Andromax C menjadi produk andalan Smartfren di kelas entry level. Ponsel buatan Hisense itu dibanderol sekitar Rp 700.000, menggunakan prosesor dual core dan sistem operasi Android seri Jelly Bean.

Akhir tahun ini Smartfren akan kembali mendatangkan satu varian baru Andromax entry level dengan harga di bawah Rp 1 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.