Windows di Ponsel dan PC Bakal Terintegrasi

Kompas.com - 15/11/2013, 14:53 WIB
Business Group Head, Windows Division, Microsoft Indonesia, Lucky Gani dan Technical Evangelist Microsoft Indonesia, Norman Sasono Namira Daufina/KompasTeknoBusiness Group Head, Windows Division, Microsoft Indonesia, Lucky Gani dan Technical Evangelist Microsoft Indonesia, Norman Sasono
|
EditorWicak Hidayat
DENPASAR, KOMPAS.com - Windows Phone dan Windows 8 saat ini masih dua sistem yang terpisah. Namun ke depannya, Microsoft memiliki target agar semua bisa terintegrasi.

"Hingga saat ini secara basic, windows phone dan windows 8 itu berdiri pada landasan yang berbeda, keduanya terpisah satu dengan yang lain. Sehingga aplikasi yang tersedia di kedua perangkat pun berbeda," kata Technical Evangelist Microsoft Indonesia, Norman Sasono, dalam media gathering di Bali, 14-15 November 2013.

Hal ini membuat developer yang ingin membuat suatu aplikasi untuk kedua sistem harus membuat dua coding yang berbeda. Namun ke depannya Microsoft punya target berbeda.

Pengembangan yang dilakukan saat ini adalah portable class library (PCL) pada sistem coding aplikasi. Developer dapat membuat satu coding yang kemudian di-compile untuk penggunaan di platform sistem operasi lainnya milik Microsoft .

"Misalnya, coding untuk user interface Windows 8, dengan PCL ya tinggal compile untuk Windows Phone," ujar Norman menambahkan.

Ini dikatakan sebagai tanda sudah adanya irisan pada Library miliknya, yang memudahkan kerja developer.

Gabungkan Dua Windows?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya selain mengintegrasikan library miliknya, Microsoft bisa jadi bakal menggabungkan kedua platform Windows.

"Memang sudah ada rencana untuk mengintegrasikan windows 8 dan windows phone. Tapi hal ini masih sedang dalam proses dan belum ada konfirmasi resmi dari pusat. Yang pasti, tim engineering yang selama ini terpisah sudah dilebur jadi satu," jelas Norman.

Peleburan tim engineering Windows Phone dan Windows 8 menjadi satu tim terintegrasi ini diharapkan Microsoft akan membawa kabar baik yang berujung pada 'menyatunya' kedua sistem operasi ini.

Satu Akun, Semua Akses

Langkah awal integrasi juga sudah dimulai ketika Microsoft mengumumkan perubahan baru dengan sistem akun pada Windows. Kini, hanya dengan satu akun, pengguna Windows Phone dan Windows 8 dapat mengintegrasikan data-data dan aplikasi yang dimilikinya, meski ada di dua perangkat berbeda.

Pengguna Tablet atau Windows PC yang membeli smartphone Windows Phone, bisa log in melalui akunnya untuk memindahkan data dan aplikasi dari Tablet ke Smartphone. Sebelumnya, akun Microsoft untuk kedua sistem operasi ini berbeda meski pemiliknya sama.

Upaya integrasi yang dilakukan Microsoft baik dari sisi akun windows hingga sistem operasinya ini menjadi target Microsoft di masa depan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X