Kompas.com - 16/11/2013, 11:28 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — BlackBerry mencari jalan pintas untuk memperkaya ekosistem aplikasi. Perusahaan asal Kanada ini akan membuat agar ponsel dengan sistem operasi BlackBerry 10 bisa menjalankan aplikasi dan game Android dengan format .APK.

Dalam sebuah publikasi di blog resmi perusahaan, BlackBerry mengatakan bahwa fitur tersebut akan hadir di pembaruan sistem operasi BlackBerry versi 10.2.1. Namun, perusahaan belum mengumumkan tanggal peluncuran sistem operasi versi terbaru itu.

BlackBerry mengatakan, aplikasi Android yang ditulis dengan kode C dan C++, bakal bisa berjalan di BlackBerry 10.2.1. Aplikasi Android yang memanfaatkan fitur Bluetooth dan menggunakan Android Bluetooth API, juga bisa berjalan di BlackBerry 10.2.1.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan akan ada beberapa hal pada aplikasi Android yang tidak berfungsi dengan sempurna di BlackBerry 10 karena ada perbedaan dalam penggunaan API dan sistem lainnya.

Besar kemungkinan, aplikasi Android dengan format .APK bisa dipasang di perangkat BlackBerry 10.2.1 melalui browser maupun file manager.

BlackBerry memang berusaha agar aplikasi Android bisa berjalan di platform-nya. Bahkan, baru-baru ini beredar foto di internet, sebuah ponsel BlackBerry Z10 dapat dipasangkan dan menjalankan toko aplikasi Android, yaitu Google Play Store. Sayangnya, pihak BlackBerry enggan berkomentar tentang foto-foto tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.