Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Dirikan Pusat Keamanan Cyber

Kompas.com - 17/11/2013, 11:02 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Microsoft membangun pusat investigasi kejahatan siber (cyber crime center) baru untuk melawan berbagai program berbahaya dan kejahatan di dunia maya. Fasilitas baru ini dibangun di kantor pusat Microsoft di Redmond, Washington, AS.

Tempat tersebut akan menjadi "rumah" bagi para ahli keamanan, ahli hukum siber, peneliti, teknisi, dan analis forensik di Microsoft. Mereka bisa menggunakan fasilitas baru tanpa dibatasi oleh waktu untuk kepentingan penyelidikan.

"Kejahatan siber memang terjadi di kehidupan nyata, dan semakin parah. Ini bukan acara televisi. Kami memiliki banyak kasus penting yang harus dikerjakan sekarang juga," kata David Finn, yang memimpin unit kejahatan digital di Microsoft, seperti dilansir Reuters, Kamis (14/11/2013).

Fasilitas baru tersebut memiliki laboratorium untuk membedah sampel program berbahaya yang dapat diakses hanya dengan otorisasi sidik jari. Di ruangan lain, monitor melacak negara dan penyedia jasa internet yang di mesin server-nya terdapat program berbahaya.

Selain melawan program jahat seperti malware dan botnet, Microsoft juga menangani kejahatan siber seperti pornografi anak dengan memanfaatkan teknologi PhotoDNA yang mendeteksi foto dengan gambar yang sama.

Microsoft juga membantu mitra pembuat hardware dalam mengidentifikasi laptop-laptop yang dicuri. Setiap laptop memiliki kode aktivasi unik yang memungkinkan seorang pekerja Microsoft untuk mendeteksi di mana laptop itu berada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com