Incar Snapchat, Google Siapkan Rp 46 Triliun

Kompas.com - 18/11/2013, 09:52 WIB
Logo Google GoogleLogo Google
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Setelah beredar kabar Facebook akan membeli Snapchat, kini muncul rumor Google juga berencana membeli aplikasi photo messaging ini.
 
Kabar ini didapat dari pendiri Om Malik, pendiri situs teknologi GigaOm, yang mem-posting di akun Twitter-nya, Kamis (14/11/2013).
 
Sementara dikutip dari Valleywag, Google diberitakan menyiapkan dana 4 miliar dollar AS (sekitar Rp 46 triliun) untuk membeli Snapchat. Angka tersebut lebih tinggi dibanding tawaran Facebook, 3 miliar dollar AS. 
 
Menurut sumber Valleywag, Tencent adalah perusahaan teknologi pertama yang melakukan penawaran kepada Snapchat. Menurut Tencent, kala itu CEO Evan Spiegel memberinya penawaran yang terlalu tinggi.
 
Spiegel kemudian menawarkan Snapchat kepada Facebook dan Google di waktu yang berdekatan. Kepada Google, Spiegel menyebutnya sebagai "investasi yang strategis." Google sendiri tertarik karena penawaran yang dilakukan Tencent.
 
Walau Google dikabarkan telah menyetujui persyaratan dari Snapchat, tetapi Spiegel mengambil langkah untuk menahan kesepakatan.
 
Ada spekulasi yang mengatakan bahwa penundaan ini terkait dengan jumlah snap (posting-an) yang bisa mendongkrak nilai Snapchat. Trafik Snapchat diprediksi akan meningkat menjadi 400 juta snap per hari di musim dingin. 
 
Jika angka 400 juta itu terlampaui, maka Snapchat berhasil melampaui jumlah foto yang diunggah ke Facebook tiap hari. Dengan demikian, Spiegel bisa dengan mudah menaikkan harga jual Snapchat lebih mahal lagi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.