Smartfren Ambil Ancang-ancang Hadapi Internet 4G

Kompas.com - 18/11/2013, 11:11 WIB
Smartfren Aditya Panji/KompasTeknoSmartfren
|
EditorReza Wahyudi
HONG KONG, KOMPAS.com - Kehadiran internet cepat 4G LTE (Long Term Evolution) di Indonesia akan menjadi pesaing berat bagi penyedia layanan data internet. Operator seluler mulai ambil ancang-ancang untuk menyiasati perang sengit layanan internet tersebut.

Head of Marketing Communication Division PT Smarfren Telecom (Smartfren) Roberto Saputra mengatakan, layanan internet 4G LTE di Indonesia mencakup area Jabodetabek. Menurut dia, hal itu secara tidak langsung memengaruhi layanan Smartfren di Ibu Kota dan sekitarnya mengingat 40 persen aktivasi Smartfren berada di area tersebut.

Untuk menyiasati hal itu, Smartfren sudah mulai mengambil ancang-ancang dengan memperkuat layanan internet berbasis mobile, termasuk smartphone. “Keuntungan kami adalah layanan kami bisa untuk mobile. Kami juga masih memiliki pelanggan besar di luar Jakarta,” kata Roberto di sela-sela kunjungan bersama wartawan ke China pekan ini.

Selain itu, kata Roberto, Smartfren juga menawarkan solusi business-to-business (B2B). Yang sudah dilakukan adalah sales tracking, misalnya untuk distribusi barang. Layanan ini dapat merekam data pasokan serta penjualan barang dari suatu perusahaan, sekaligus dapat menentukan besarnya insentif bagi tenaga pemasaran.

Roberto mengatakan, solusi bisnis seperti itu akan menjadi target penjualan masa depan bagi Smartfren. "Kontribusi (pendapatannya) masih kecil, tetapi revenue-nya lebih tetap (stabil) dan berlaku dalam waktu panjang," katanya.

Pekan ini layanan internet 4G LTE telah hadir secara resmi di Indonesia melalui vendor Internux. Selain internet 4G LTE, persaingan layanan internet akan semakin ketat ketika layanan wifi publik benar-benar terealisasi di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X