Inggris Boleh Pakai Domain "Dot London"

Kompas.com - 18/11/2013, 12:33 WIB
Gedung parlemen Inggris di London. ShutterstockGedung parlemen Inggris di London.
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Pemerintah kota London, Inggris, akan meluncurkan nama top level domain internet .london (dot London) pada 2014 mendatang. Salah satu tujuannya, mempromosikan ibu kota Inggris itu kepada dunia.

Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), yang mengurus penamaan domain internet di dunia, telah memberi lampu hijau agar London mengadopsi nama top level domain tersebut. Kota lain yang juga akan mengajukan nama domain unik adalah New York (AS), Berlin (Jerman), Wina (Austria), dan Brussels (Belgia).

Perusahaan, individu, dan organisasi yang berbasis di London dipersilakan membuat alamat dengan akhiran .london. Banyak perusahaan yang menyatakan minat untuk mengadopsi domain kota itu.

"Mengadopsi domain .london akan memungkinkan organisasi agar lebih dekat mengasosiasikan diri dengan nama besar kota London," ujar Wali Kota London, Boris Johnson, seperti dikutip dari Reuters.

Wakil Presiden ICANN untuk Eropa, Nigel Hickson, mengatakan, pihaknya banyak menerima permitaan domain yang lebih luas seperti .music atau .store. Bahkan, banyak pula permintaan dari perusahaan untuk menggunakan nama perusahaan mereka sebagai domain.

Saat ini terdapat 22 nama domain tingkat atas yang sifatnya umum (Generic Top Level Domain/gTLD), termasuk .com, .net, dan .org. ICANN memprediksi, akan lahir 1.400 nama gTLD baru pada 2014.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.