Kompas.com - 18/11/2013, 14:28 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple dikabarkan telah mengakuisisi perusahaan 3D Sensing, Primesense. Promesense adalah produsen semikonduktor asal Israel yang bekerja sama dengan Microsoft mengembangkan sensor Kinect pertama kali untuk Xbox 360.

Belakangan, Microsoft mengembangkannya sendiri.

Kabar ini ditulis oleh AllthingsD yang mengutip dari surat kabar Israel, Calcalist pada Minggu (17/11/2013). Dalam pemberitaannya, Calcalist menyebut angka 345 juta dollar AS yang disiapkan Google untuk mengakuisisi PrimeSense.

Sebenarnya, kabar akuisisi PrimeSense oleh Apple ini sudah berhembus sekitar satu tahun lalu. Saat itu Apple menawarkan 280 juta dollar AS kepada perusahaan spesialis sensor 3D tersebut.

Menurut sumber yang bisa dipercaya, pembicaraan ini sudah mencapai kata final, hanya terkendala masalah likuiditas. Diharapkan semua urusan telah selesai di akhir minggu ini.

PrimeSense menjadi suplier pertama untuk perangkat game Xbox One. Dengan menggunakan kamera dan sensor kedalaman bidang, perangkat ini bisa mendeteksi gerakan pemain dalam mengontrol game dengan gerak tubuhnya. Namun kini Microsoft menggunakan teknologinya sendiri untuk Kinect dalam Xbox One.

Dahulu, sensor yang dibuat PrimeSense berukuran besar. Namun kini perusahaan telah membuatnya menjadi lebih ramping sehingga bisa dipasang di gadget-gadget kecil.

Jika akuisisi ini jadi, sensor gerak buatan PrimeSense bisa digunakan di beragam produk Apple, termasuk wearable gadget dan televisi. Namun, Apple belum memberi penjelasan akan dipakai dimana saja sensor tersebut.

Dalam pernyataan resminya, PrimeSense mengatakan bahwa mereka fokus pada pengembangan teknologi 3D ke beragam pasar, termasuk interactive living room dan perangkat mobile. "Kami tidak mau berkomentar soal apa yang akan dilakukan oleh rekanan, konsumen, atau calon konsumen potensial kami," terang mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.