Kompas.com - 19/11/2013, 10:36 WIB
Logo Google GoogleLogo Google
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Untuk sebuah perusahaan yang "tidak memiliki produk", prestasi Google sangat luar biasa. Google selama ini hanya menjual layanan yang hampir semuanya gratis. Layanan-layanan tersebut telah membawa kita ke era konektivitas baru.

Lalu dari mana Google mendapatkan keuntungan? Iklan memang menjadi menjadi sumber pendapatan utama Google. Bahkan, bisnis iklan Google sudah kelewat besar. Business Insider dalam halaman web-nya mengibaratkan bisnis Google sudah susah untuk dihitung.

Tahun lalu saja perusahaan teknologi yang dinakhodai Larry Page itu membukukan pendapatan hingga 60 miliar dollar AS. Pendapatan itu baru berasal dari bisnis iklan Google saja.

CEO Business Insider, Henry Blodget, dalam presentasinya di ajang Ignition 2013, Selasa (12/11/2013), mengatakan bahwa bisnis iklan Google sudah mendekati gabungan pendapatan di koran dan majalah di seluruh dunia.

Dikatakan oleh Blodget, pendapatan Google sepanjang 2012 saja sudah mendekati jumlah pendapatan semua majalah di tahun 2007. Hal tersebut juga disebabkan karena bisnis iklan di media cetak juga mulai menurun.

Blodget juga meramalkan bahwa tak butuh waktu lama bagi Google untuk menyamai pendapatan majalah di seluruh dunia atau malah melampaui.

Iklan memang menjadi andalan Google dalam mencari pendapatan. Layanan gratisnya yang banyak digunakan pengguna internet di seluruh dunia menjadi tempat menarik bagi pengiklan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.