Kompas.com - 19/11/2013, 11:00 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Bisnis Asustek Computer Inc. (Asus) mengalami kerugian di kuartal tiga 2013. Laba bersih perusahaan komputer Taiwan ini turun 26 persen dibanding tahun lalu.

Kerugian vendor asal Taiwan ini sebenarnya telah diprediksi mengingat penetrasi tablet smartphone dan tablet PC yang tinggi hingga 67 persen tahun ini.

Laba bersih perusahaan komputer terbesar ke lima di dunia ini tahun lalu tumbuh 4 persen (NT$4,94 dari NT$4,76). Peningkatan tersebut dipicu oleh meningkatknya produk notebook dan tablet menurut Asus. Namun karena pengeluaran pajak yang bertambah, keuntungan Asus di kuartal tiga 2013 turun.

Dikutip dari Taipei Times, Asus berencana mendongkrak laba dengan meluncurkan smartphone, Chromebook dan wearable gadget tahun depan. "Asus berencana meluncurkan smartphone baru di ajang CES 2014 di Las Vegas Januari nanti, serta Chromebook di kuartal berikutnya," ujar CEO Asustek, Jerry Shen.

"Kami tetap optimis di pasar dekstop dan laptop, namun prioritas kami tahun depan adalah membuat bisnis smartphone mendatangkan untung," imbuh Asustek Chief Financial Officer, David Chang

Strategi terakhir Asus untuk mendongkrak profit adalah melalui segmen wearable gadget. Asus mengindikasikan akan meluncurkan gadget ini di ajang Computex tahun depan di Taipei. Namun secara spesifik Asus tidak merinci wearable gadget seperti apa yang akan diperkenalkan.

Saat ini laptop tetap menjadi tulang punggung utama Asus. Penjualan komputer portabel ini memberi kontribusi 57 persen dari profit perusahaan. Penyumbang terbesar kedua adalah tablet PC dengan kontribusi 20 persen, dan terakhir adalah motherboard sebesar 13 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.