23 November, BlackBerry Z30 Mulai Dijual di Indonesia

Kompas.com - 19/11/2013, 15:59 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — BlackBerry meluncurkan ponsel pintar andalannya di Indonesia, yakni Z30, Selasa (19/11/2013). Z30 menjadi ponsel pertama berukuran layar 5 inci dari BlackBerry, dan yang pertama pula menggunakan sistem operasi BlackBerry 10.2.

Senior Product Manager BlackBerry South East Asia Ardo Fadhola mengatakan, Z30 berada di segmen premium dan menggantikan posisi Z10 yang masuk pasar Indonesia sejak Maret 2013. Z30 akan berhadapan dengan kompetitor yang memakai sistem operasi Android, seperti Samsung Galaxy Note 3 dan Sony Xperia Z Ultra.

"Ada permintaan tinggi atas ponsel berukuran layar 5 inci, dan kita masuk ke pasar tersebut untuk memberi pengalaman yang berbeda," kata Ardo di sela-sela acara peluncuran Z30 di Jakarta. Ponsel ini mulai dipasarkan pada 23 November 2013 dengan harga Rp 8 juta.

BlackBerry membawa sejumlah pembaruan pada sistem operasi BlackBerry 10.2 yang dipakai Z30. Fitur yang ada meliputi BBM Now, yang menampilkan pesan masuk di sisi atas layar, sekalipun Anda sedang membuka aplikasi lain. Anda bisa langsung menjawab pesan tersebut tanpa harus menutup aplikasi yang sedang Anda gunakan.

Ada pula fitur baru bernama BlackBerry Priority Hub, yang mengumpulkan pesan penting dari kontak tertentu berdasarkan pengaturan ataupun kebiasaan sehari-hari penggunanya.

BlackBerry Z30 dibekali prosesor dual-core Qualcomm MSM8960T Pro Snapdragon 1,7 GHz, unit prosesor grafis Adreno 320, RAM 2 GB, memori internal 16 GB, serta mendukung jaringan 2G, 3G, hingga 4G LTE.

Ardo mengatakan, Z30 menggunakan perangkat antena dengan teknologi terkini yang membuat transfer data lebih cepat dan mengurangi tingkat terputusnya sambungan. Baterainya ditopang dengan kapasitas sebesar 2.880 mAh.

Layar 5 inci yang diusung beresolusi 1.280 x 720 piksel dengan kerapatan 294 piksel per inci (ppi). Kamera belakang mengusung sensor 8 MP dengan lampu kilat LED serta kamera depan 2 MP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.