Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petinggi Oppo Mundur gara-gara Cyanogen?

Kompas.com - 21/11/2013, 09:20 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com — Pete Lau mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Vice President Oppo, Senin (18/11/2013). Pengunduran diri Lau tersebut beredar setelah Steve Kondik dari Cyanogen di halaman Google+ nya mem-posting kalimat, "Bersama-sama kami (dengan Lau) akan membuat ponsel dengan software mengagumkan dan hardware kualitas tertinggi."

Dikutip dari Engadget, Lau dirumorkan akan membuat merek baru dengan produknya yang didukung oleh CyanogenMod. Selama ini Oppo telah bekerja sama dengan CyanogenMod dalam merancang ROM Android milik smartphone andalan Oppo N1 dan Find 5.

Sebagai informasi, Cyanogen kerap melakukan optimalisasi ROM standar Android agar sistem operasi besutan Google tersebut bisa berjalan lebih cepat dan lebih baik lagi.

Kenapa Oppo tidak fokus dengan CyanogenMod saja di bawah Lau? Rumor yang beredar adalah Lau telah berusaha memberikan porsi CyanogenMod lebih banyak, tetapi ditentang oleh para petinggi Oppo.

Oppo juga tidak mau menanggalkan hasil karya sistem Android mereka sendiri yang dibangun bertahun-tahun. Selain itu, komunitas Oppo juga sudah terbangun dan mereka tidak mau meninggalkannya.

Sementara di halaman Sina Weibo, Lau juga mengungkapkan bahwa mereka berdua akan membuat sesuatu yang bisa mengubah dunia Android dan sedang ada perangkat Android andalan yang sedang dikerjakan. Karyawan Oppo yang membaca posting-an Lau di Weibo tersebut memberikan komentar seputar spesifikasi smartphone Android yang sedang dikerjakan Lau.

Dalam komentar itu terungkap bahwa smartphone tersebut akan menggunakan chip Snapdragon 800 varian 2,5 GHz, MSM8974AC. Satu-satunya perangkat yang memiliki spesifikasi tersebut saat ini adalah Gionee Elife E7 yang baru akan diluncurkan akhir bulan ini.

Lau dikenal bisa mentransformasikan ide menjadi produk dalam waktu kurang dari enam bulan. Dengan jaringan suplier Oppo yang ia bangun dan desainer smartphone yang ia kenal, bisa jadi Lau meluncurkan smartphone dalam waktu dekat.

Industri smartphone China memang sedang bergairah. Merek Xiaomi berhasil membangun ekosistem mereka sendiri dengan produk smartphone yang terjangkau. Mungkin kini saatnya Xiaomi memiliki kompetitor yang layak diperhitungkan, baik dalam skala lokal maupun global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com