Petinggi Oppo Mundur gara-gara Cyanogen?

Kompas.com - 21/11/2013, 09:20 WIB
Oppo N1 EngadgetOppo N1
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Pete Lau mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Vice President Oppo, Senin (18/11/2013). Pengunduran diri Lau tersebut beredar setelah Steve Kondik dari Cyanogen di halaman Google+ nya mem-posting kalimat, "Bersama-sama kami (dengan Lau) akan membuat ponsel dengan software mengagumkan dan hardware kualitas tertinggi."

Dikutip dari Engadget, Lau dirumorkan akan membuat merek baru dengan produknya yang didukung oleh CyanogenMod. Selama ini Oppo telah bekerja sama dengan CyanogenMod dalam merancang ROM Android milik smartphone andalan Oppo N1 dan Find 5.

Sebagai informasi, Cyanogen kerap melakukan optimalisasi ROM standar Android agar sistem operasi besutan Google tersebut bisa berjalan lebih cepat dan lebih baik lagi.

Kenapa Oppo tidak fokus dengan CyanogenMod saja di bawah Lau? Rumor yang beredar adalah Lau telah berusaha memberikan porsi CyanogenMod lebih banyak, tetapi ditentang oleh para petinggi Oppo.

Oppo juga tidak mau menanggalkan hasil karya sistem Android mereka sendiri yang dibangun bertahun-tahun. Selain itu, komunitas Oppo juga sudah terbangun dan mereka tidak mau meninggalkannya.

Sementara di halaman Sina Weibo, Lau juga mengungkapkan bahwa mereka berdua akan membuat sesuatu yang bisa mengubah dunia Android dan sedang ada perangkat Android andalan yang sedang dikerjakan. Karyawan Oppo yang membaca posting-an Lau di Weibo tersebut memberikan komentar seputar spesifikasi smartphone Android yang sedang dikerjakan Lau.

Dalam komentar itu terungkap bahwa smartphone tersebut akan menggunakan chip Snapdragon 800 varian 2,5 GHz, MSM8974AC. Satu-satunya perangkat yang memiliki spesifikasi tersebut saat ini adalah Gionee Elife E7 yang baru akan diluncurkan akhir bulan ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lau dikenal bisa mentransformasikan ide menjadi produk dalam waktu kurang dari enam bulan. Dengan jaringan suplier Oppo yang ia bangun dan desainer smartphone yang ia kenal, bisa jadi Lau meluncurkan smartphone dalam waktu dekat.

Industri smartphone China memang sedang bergairah. Merek Xiaomi berhasil membangun ekosistem mereka sendiri dengan produk smartphone yang terjangkau. Mungkin kini saatnya Xiaomi memiliki kompetitor yang layak diperhitungkan, baik dalam skala lokal maupun global.



Sumber ENGADGET

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X