Dropbox Ingin Bernilai Rp 91 Triliun

Kompas.com - 21/11/2013, 09:56 WIB
CEO Dropbox, Drew Houston Stephen Lam/ReutersCEO Dropbox, Drew Houston
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Penyedia layanan komputasi awan Dropbox bisa disebut salah satu perusahaan rintisan ( startup) digital yang sukses di Sillicon Valley. Sekarang mereka sedang mencari investor baru agar nilai perusahaan semakin melambung.

Sumber yang dekat dengan rencana ini mengatakan kepada Bloomberg Businessweek, Senin (18/11/2013), bahwa Dropbox sedang coba mengumpulkan dana baru sebesar 250 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,8 triliun. Pendanaan baru ini akan membuat nilai Dropbox menjadi 8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 91 triliun.

Dropbox mengalami pertumbuhan cepat dalam bisnis komputasi awan yang menyediakan media penyimpanan data online. Sebagai perusahaan yang baru berusia 6 tahun, Dropbox bersaing dengan perusahaan besar yang memiliki layanan serupa macam Google, Microsoft, VMWare, Salesforce.

Dropbox saat ini memiliki lebih dari 200 juta pengguna yang setiap harinya menyimpan 1 miliar file di Dropbox. "File yang disimpan di Dropbox lebih banyak dari jumlah kicauan di Twitter setiap harinya," kata CEO Dropbox, Drew Houston.

Mereka memperluas segmen pasar dengan menyediakan layanan untuk korporasi. Layanan ini memberi fitur keamanan baru seperti audit hingga alat untuk menghapus folder tertentu dari jarak jauh.

Dropbox didirikan pada 2007 oleh Drew Houston dan Arash Ferdowsi, lulusan Massachusetts Institute of Technology. Perusahaan selalu mempromosikan layanannya dengan mengedepankan kemudahan pemakaian menyimpan file dan sinkronisasi di berbagai sistem operasi komputer dan perangkat mobile.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X