Kompas.com - 21/11/2013, 15:35 WIB
Kaos buatan Microsoft MicrosoftKaos buatan Microsoft
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Masih ingat dengan kampanye "Scroogled? Ya, Scroogled merupakan sebuah kampanye negatif yang dilancarkan oleh Microsoft kepada salah satu rival terbesarnya, yaitu Google.

Dalam kampanye ini, Microsoft melancarkan serangan secara terang-terangan atas layanan Gmail dari Google. Tujuannya, tentu saja, adalah mengalihkan pelanggan Gmail ke layanan Outlook milik Microsoft.

Kampanye Scroogled ini sempat ramai dibicarakan pada Februari 2013 lalu. Sejak bulan itu, Microsoft tidak terlalu banyak menyuarakan kampanye tersebut itu lagi.

Kini, menjelang akhir tahun 2013, Microsoft kembali melancarkan serangan baru perihal kampanye Scroogled. Perusahaan raksasa software ini, seperti dikutip dari Techcrunch, Kamis (21/11/2013), mulai menjual t-shirt, topi, mug, dan jaket dengan tulisan atau slogan yang terkait dengan kampanye tersebut.

Menurut pantauan KompasTekno di situs resminya, Microsoft menjual produk-produk tersebut dengan berbagai slogan negatif. Sebagai salah satu contoh, ada slogan yang berbunyi, "Keep calm while we steal your data" atau "tetap tenang saat kami mencuri data Anda".

Ada juga slogan lain yang berbunyi, "I'm watching you" atau "saya mengawasi Anda".

Slogan-slogan tersebut seperti ingin menyindir sebuah fakta yang menyebutkan bahwa Google "mengintip" tiap e-mail pengguna agar bisa mengirim iklan yang sesuai untuk pengguna tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga produk "cibiran buat Google" tersebut mulai 8 dollar AS (sekitar Rp 94.000) hingga 15 dollar AS (sekitar Rp 176.000).

Edukasi konsumen

Microsoft mengatakan bahwa kampanye iklan itu bertujuan untuk "mengedukasi publik Amerika mengenai praktik Google menelusuri tiap e-mail penggunanya untuk menjual iklan."

Halaman:


Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.