Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MediaTek dan Qualcomm Siapkan Prosesor Irit Daya

Kompas.com - 22/11/2013, 08:58 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Produsen prosesor MediaTek pada Rabu (20/11/2013) diberitakan bekerja sama dengan ARM membangun prosesor mobile 8 core. Prosesor yang disebut Octa-Core 6592 ini didesain agar memperpanjang umur baterai.

Prosesor tersebut diakui MediaTek dikembangkan berdasar arsitektur milik ARM, demikian dikutip dari CNet. Octa-Core 6592 juga akan mendukung pemotretan 16 megapixel dan perekaman video full-HD H.265. Dukungan Ultra-HD untuk spesifikasi video H.264 juga dimiliki.

Produk tersebut akan bekerja secara simultan dan membantu menghemat baterai. MediaTek mengklaim kebutuhan daya bisa dipangkas hingga 50 persen dibanding kebanyakan prosesor saat ini.

Prosesor mobile 8 inti ini baru akan tersedia di akhir tahun ini. MediTek berharap pengembang aplikasi bisa mengoptimalkan software mereka saat berjalan dengan prosesor 8 core tersebut.

Sementara dikutip dari The Verge (20/11/2013), Qualcomm dikabarkan juga sedang membuat prosesor yang mendukung video 4K. Prosesor Snapdragon 805 ini diklaim Qualcomm sebagai yang pertama yang mendukung "System-level Ultra HD."

Prosesor baru Qualcomm suksesor Snapdragon 800 ini juga diklaim memiliki performa lebih baik berkat GPU Adreno 420 yang menghemat daya konsumsi grafis hingga 40 persen dibanding generasi sebelumnya.

Prosesor ini menurut Qualcomm akan tersedia di perangkat mobile mulai semester pertama tahun 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com