Kompas.com - 22/11/2013, 08:58 WIB
Ilustrasi PC WorldIlustrasi
|
EditorAditya Panji
KOMPAS.com - Produsen prosesor MediaTek pada Rabu (20/11/2013) diberitakan bekerja sama dengan ARM membangun prosesor mobile 8 core. Prosesor yang disebut Octa-Core 6592 ini didesain agar memperpanjang umur baterai.

Prosesor tersebut diakui MediaTek dikembangkan berdasar arsitektur milik ARM, demikian dikutip dari CNet. Octa-Core 6592 juga akan mendukung pemotretan 16 megapixel dan perekaman video full-HD H.265. Dukungan Ultra-HD untuk spesifikasi video H.264 juga dimiliki.

Produk tersebut akan bekerja secara simultan dan membantu menghemat baterai. MediaTek mengklaim kebutuhan daya bisa dipangkas hingga 50 persen dibanding kebanyakan prosesor saat ini.

Prosesor mobile 8 inti ini baru akan tersedia di akhir tahun ini. MediTek berharap pengembang aplikasi bisa mengoptimalkan software mereka saat berjalan dengan prosesor 8 core tersebut.

Sementara dikutip dari The Verge (20/11/2013), Qualcomm dikabarkan juga sedang membuat prosesor yang mendukung video 4K. Prosesor Snapdragon 805 ini diklaim Qualcomm sebagai yang pertama yang mendukung "System-level Ultra HD."

Prosesor baru Qualcomm suksesor Snapdragon 800 ini juga diklaim memiliki performa lebih baik berkat GPU Adreno 420 yang menghemat daya konsumsi grafis hingga 40 persen dibanding generasi sebelumnya.

Prosesor ini menurut Qualcomm akan tersedia di perangkat mobile mulai semester pertama tahun 2014.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.