Kompas.com - 22/11/2013, 15:58 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - iFixit, sebuah situs yang gemar bongkar-pasang gadget, kembali beraksi. Kini, konsol game terbaru dari Microsoft, Xbox One, yang menjadi "korban" dari aksi situs tersebut.

Menurut pihak pembedah di iFixit, Xbox One tidaklah terlalu sulit untuk dibongkar. Meskipun Microsoft tidak menggunakan banyak baut untuk merakit perangkat ini, Xbox One dapat dibuka dengan mudah menggunakan beberapa peralatan sederhana.

iFixit Xbox One
Setelah konsol dibuka, iFixit menemukan berbagai komponen yang biasa ditemukan di PC game kelas atas. Di dalamnya terdapat sebuah prosesor AMD "Jaguar" x86 dengan delapan inti, chip grafis Radeon, RAM 8 GB, dan hard disk 2,5 inci yang biasanya dapat ditemukan di laptop.

Komponen-komponen tersebut diletakkan di atas papan sirkuit berukuran cukup besar.

Sebagai sistem pendingin, Microsoft meletakkan sebuah fan yang berukuran cukup besar, yaitu sebesar 112 milimeter. Dengan ukurannya tersebut, fan ini tampaknya akan membuat sistem konsol terdengar cukup bising. Untungnya, ukuran tersebut merupakan ukuran standar sebuah PC, sehingga pengguna dapat menggantinya dengan mudah.

iFixit
Xbox One
iFixit juga berhasil menemukan bahwa pembaca keping Blu-ray pada konsol ini akan mudah untuk diganti. Komponen yang satu ini dihubungkan ke papan sirkuit dengan menggunakan konektor data SATA.

Sayangnya, meskipun menggunakan hard disk berukuran standar dan tampak mudah untuk dilakukan sendiri, pengguna dilarang untuk mengganti bagian tersebut. Apabila pengguna tetap ngotot mengganti sendiri, maka masa garansi dari perangkat ini akan "hangus".

iFixit memberikan skor perbaikan yang cukup tinggi, yaitu angka 8 dari 10. Angka sepuluh menunjukkan tingkat perbaikan termudah.

iFixit
Xbox One
Xbox One sendiri telah dirilis secara resmi mulai 22 November 2013 di beberapa negara tertentu. Microsoft membanderol perangkat ini dengan harga 100 dollar AS lebih tinggi dari Playstation 4, yaitu di angka 499 dollar AS.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ifixit

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.