Kompas.com - 24/11/2013, 20:13 WIB
Twitter BBC IndonesiaTwitter
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Akun Twitter resmi BlackBerry di Inggris, @UK_BlackBerry, mungkin tidak menyangka tweet promosi yang diunggahnya menjadi senjata makan tuan. Kalimat yang ditulis justru dimanfaatkan Nokia untuk menyerang BlackBerry.

Ceritanya, @UK_BlackBerry pekan lalu menulis pesan promosi yang kurang lebih berbunyi "Bekerjalah, lakukan apa yang diperlukan, jadilah pimpinan, pecahkan masalah, buat telepon penting, wujudkan yang berikutnya".

Maksudnya, kalimat itu ditujukan kepada kalangan "pengguna tradisional" BlackBerry, yaitu para pebisnis yang sibuk dengan segala macam kegiatan serius, seperti dideskripsikan dalam tweet.

Tweet tersebut turut melampirkan gambar berisi kalimat yang mengesankan bahwa ponsel BlackBerry hanya digunakan oleh orang-orang sukses. Jika dalam lingkungan seseorang tidak ada yang memakai Blackberry, maka pengguna tersebut sebenarnya tak punya teman yang "tepat".

Phonearena.com Tweet BlackBerry (kiri) dan respon mengejek yang dilayangkan Nokia

Ternyata, ada pihak yang memerhatikan langkah promosi BlackBerry. Akun Twitter blog resmi Nokia, yang bernama @Nokia_Connects, membuat promosi tandingan yang membanggakan ponsel keluarga Lumia dan secara halus menyindir BlackBerry.

Dalam tanggapannya, akun tersebut menulis "Anda tak kenal orang yang punya (BlackBerry) karena mereka semua sudah beralih menggunakan Lumia". Promosi tandingan itu disertai tagar #SiwtchToLumia.

Kata-kata @Nokia_Connects lumayan menohok. Bukan rahasia bahwa BlackBerry sedang dilanda kesulitan dan sedang berusaha mempertahankan basis penggunanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, perkembangan pangsa pasar platform BlackBerry dan Windows Phone (Nokia Lumia) belakangan memang menunjukkan kecenderungan yang bertolak belakang.

Laporan kuartal ketiga dari lembaga riset IDC, menunjukkan, pangsa pasar global Windows Phone tumbuh menjadi 3,7 persen dari 2 persen di tahun sebelumnya, sementara BlackBerry terus menyusut dari 4,1 persen menjadi 1,7 persen.

Saling ejek antar kompetitor sudah menjadi hal biasa di industri teknologi. Kubu Windows Phone yang diwakili Microsoft dan Nokia selama ini memang getol menyerang pesaing. Selain BlackBerry, Apple dan Android juga kerap jadi sasaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.