Apa Efek Instagram pada Windows Phone?

Kompas.com - 25/11/2013, 08:30 WIB
Instagram Josh Edelson/AFPInstagram
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Aplikasi Instagram telah hadir di Windows Phone. Begitu juga dengan aplikasi populer lain seperti Vine dan Waze. Apa pengaruhnya? Mampukah aplikasi populer mendongkrak penjualan Windows Phone?

Tak bisa disangkal memang, aplikasi populer seringkali menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih smartphone. Microsoft pun mengakui fakta tersebut. Setelah tiga tahun penjualan, sistem operasi mobile Microsoft ini mulai banyak dipakai.

Data yang lembaga riset IDC menunjukkan, pengiriman smartphone Windows Phone telah meningkat 156 persen dibanding tahun lalu. Windows Phone juga menguasai pasar smartphone 3,6 persen di dunia pada kuartal tiga 2013.

"Kami merasa seperti sedang mengubah keadaan saat ini," ujar Casey McGee, Microsoft Senior Windows Phone Marketing Manager, seperti dikutip dari The Verge (21/11/2013).

McGee juga menampik anggapan bahwa aplikasi yang dimiliki Windows Phone menahan konsumen untuk mengadopsi sistem operasi bikinan Microsoft ini.

Untuk mendukung argumen tersebut, McGee memaparkan sejumlah data yang dimiliki Microsoft. Data tersebut membandingkan jumlah unduhan aplikasi yang sama di ekosistem iOS dan Windows Phone.

Tantangan Microsoft saat ini adalah memastikan semua aplikasi-aplikasinya tetap terjaga kekiniannya (up to date), jelas McGee. Seperti aplikasi Spotify yang pengalaman penggunaannya masih jauh lebih baik di platform iOS.

"Dari 50 aplikasi teratas milik kami (Windows Phone) dan iPhone (iOS), aplikasi dalam Windows Phone ternyata memiliki rating sedikit lebih tinggi, 3.7 melawan 3.6," terang Todd Brix, Senior Director Marketplace Microsoft.

Margin kecil itu meyakinkan Microsoft bahwa fitur Live Tiles, Kid's Corner, dan integrasi lock screen milik Windows Phone juga memiliki andil. Pengembang aplikasi Microsoft telah menambahkan fitur unik dalam aplikasi yang juga dimiliki iOS.

Namun, analisis yang dilakukan Nick Landry, seorang developer Windows Phone, mengungkapkan bahwa dari 100 aplikasi mobile teratas, Windows Phone masih tertinggal dibanding iOS dan Android.

Kendati demikian, platform Microsoft ini telah berkembang lebih baik dibanding saat Windows Phone pertama kali diluncurkan 8 tahun lalu. Nick Landry mengatakan saat ini perbandingannya Windows Phone memiliki 46 dari 50 aplikasi teratas yang dimiliki rival-rivalnya.

Todd Brix menyimpulkan, Windows Phone masih berada dalam jalurnya. "Saya rasa kami membuat progress yang bagus," ujar Brix. Microsoft hanya butuh memastikan aplikasi-aplikasinya tetap segar untuk memperpendek jarak dengan yang lain.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X