Kompas.com - 25/11/2013, 10:07 WIB
Logo The Pirate Bay. Logo The Pirate Bay.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Pemerintah Swedia akan mengekstradisi Gottfrid Svarthol Warg, peretas (hacker) yang sekaligus pendiri situs file sharing The Pirate Bay

Warg (27) akan diekstradisi ke Denmark dan diperiksa oleh kepolisian setempat atas tuduhan mengunduh data kepolisian. "(Ekstradisinya) akan dilakukan 27 November," ujar jaksa penuntut Henrik Olin kepada AFP, seperti dikutip dari Global Post (25/11/2013).

Pada Juni 2013, Ward didakwa telah mencuri data milik kepolisian Denmark antara April-Agustus 2012. Di waktu yang sama tersebut, Warg sedang berada di Kamboja, namun kemudian ditahan dan dideportasi ke Swedia atas tuduhan kejahatan siber lain.

Menurut harian Swedia, The Local, jika terbukti bersalah, Warg setidaknya terancam hukuman enam tahun penjara,  Dalam pembelaannya, Warg mengatakan serangan tersebut memang berasal dari komputernya, namun bukan dirinya yang menggunakan.

"Ada orang lain yang menggunakan komputer saya secara remote," ujar Warg.

Saat ini Warg sedang menjalani masa tahanan satu tahun karena menerobos sistem komputer milik kontraktor kantor pajak negara.

Pemerintah Swedia melakukan ekstradisi ini atas dasar surat perintah penahanan yang dikeluarkan di Kopenhagen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada tahun 2009, Swarg beserta teman-temannya Peter Sunde, Fedrik Neij, dan Carl Lundstrom didakwa bersalah atas pelanggaran hak karya karya cipta karena menyebarkannya melalui situs web The Pirate Bay.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.