Kompas.com - 25/11/2013, 10:44 WIB
Nilai benchmark AnTuTu LG G2 oik yusuf/ kompas.comNilai benchmark AnTuTu LG G2
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Beberapa saat lalu beredar kabar Samsung diduga mencurangi hasil benchmark dalam perangkat mobile-nya. Belakangan, setelah Samsung mengeluarkan klarifikasi, ternyata masih banyak produsen smartphone lain yang mengambil langkah curang ini.

Kecurangan terjadi saat produsen memprogram smartphone besutannya untuk meningkatkan performa saat mendeteksi adanya aplikasi benchmark yang berjalan, tak perduli konsekuensi terhadap daya tahan baterai dan temperatur prosesor.

Hasilnya, skor mereka tinggi dalam uji benchmark. Namun belum tentu perangkat tersebut memiliki performa bagus saat digunakan sehari-hari, seperti bermain game.

Baru-baru ini, sebuah startup bernama GameBench yang memiliki cara untuk menjegal kecurangan tersebut. GameBench melakukan serangkaian uji performa yang diklaim tidak bisa dicurangi.

Dikutip dari Engadget, pengujian GameBench dilakukan untuk menghasilkan skor performa smartphone sesungguhnya berdasar kemampuan gaming yang dimiliki.

Alih-alih memberikan tugas sintetis dan bisa diprediksi oleh smartphone, aplikasi GameBench berjalan di background saat sebuah game dijalankan.

Aplikasi kemudian akan mengumpulkan sejumlah data dalam sistem, seperti median frame rate dan battery drain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

GameBench menggunakan algoritma untuk mengumpulkan semua pengukuran dari game-game populer di Google Play Store. Semua data tersebut disatukan dan dibuat skor akhirnya.

Skor tersebut memunculkan Galaxy S4 yang mampu mencapai 30 fps di game Real Racing 3, namun baterainya cepat habis saat digunakan untuk bermain game.

Sementara HTC One memiliki tingkat "battery drain" yang lebih lama saat menjalankan Minion Rush. Namun hanya mampu menampilkan gambar 19 fps.

Aplikasi yang dikembangkan GameBench baru akan dirilis kuartal pertama 2014. Namun, sebagai pemanasan, GameBench mengadu HTC One dan Samsung Galaxy S4. Dari skor tersebut, Samsung seharusnya tak usah minder dengan kemampuan Galaxy S4 dibanding dibanding perangkat lainnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ENGADGET

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.