Apple Resmi Beli Pembuat Kinect Xbox

Kompas.com - 25/11/2013, 11:20 WIB
Teknologi gerak Kinect merupakan buatan dari perusahaan asal Israel, Primesense MicrosoftTeknologi gerak Kinect merupakan buatan dari perusahaan asal Israel, Primesense
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple telah resmi mengakuisisi perusahaan 3D Sensing, Primesense. Perusahaan asal Israel tersebut merupakan produsen semikonduktor yang bekerja sama dengan Microsoft dalam pengembangan sensor Kinect untuk pertama kalinya bagi konsol Xbox 360.

Apple tidak menyebutkan berapa total uang yang harus mereka keluarkan. Namun, menurut sebuah sumber kepada situs teknologi AllThingsD, Apple merogoh kocek hingga 360 juta dollar AS atau sekitar Rp 4,2 triliun untuk menyelesaikan proses akuisisi ini.

Pihak Apple enggan membicarakan rencana mereka terhadap perusahaan yang baru dibelinya ini.

Namun, menurut prediksi para pengamat, kemungkinan Apple akan memanfaatkan produk besutan PrimeSense untuk digunakan pada beragam produk Apple, seperti wearable gadget dan televisi.

"Apple membeli perusahaan teknologi yang lebih kecil dari waktu ke waktu, dan secara umum kami tidak mendiskusikan tujuan atau rencana kami," kata juru bicara Apple, Kristin Huguet.

Sebenarnya, kabar akuisisi PrimeSense tersebut sudah berhembus sejak sekitar satu tahun lalu. Saat itu, Apple menawarkan 280 juta dollar AS kepada perusahaan spesialis sensor 3D tersebut.

PrimeSense merupakan pengembang pertama controller pengenal gerak Xbox, Kinect. Controller ini menggunakan kamera dan sensor untuk mengenali gerakan pemainnya.

Kini, pihak pengembang Xbox, Microsoft, lebih memilih untuk mengembangkan sendiri teknologi dari controller tersebut.

PrimeSense sendiri bukan perusahaan Israel pertama yang diakuisisi oleh Apple. Sebelumnya, perusahaan yang terkenal dengan produk iPhone-nya ini telah membeli perusahaan pembuat flash memory, Anobit, dengan uang sebesar 500 juta dollar AS.



Sumber AllThingsD

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X