Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Resmi Beli Pembuat Kinect Xbox

Kompas.com - 25/11/2013, 11:20 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber AllThingsD
KOMPAS.com - Apple telah resmi mengakuisisi perusahaan 3D Sensing, Primesense. Perusahaan asal Israel tersebut merupakan produsen semikonduktor yang bekerja sama dengan Microsoft dalam pengembangan sensor Kinect untuk pertama kalinya bagi konsol Xbox 360.

Apple tidak menyebutkan berapa total uang yang harus mereka keluarkan. Namun, menurut sebuah sumber kepada situs teknologi AllThingsD, Apple merogoh kocek hingga 360 juta dollar AS atau sekitar Rp 4,2 triliun untuk menyelesaikan proses akuisisi ini.

Pihak Apple enggan membicarakan rencana mereka terhadap perusahaan yang baru dibelinya ini.

Namun, menurut prediksi para pengamat, kemungkinan Apple akan memanfaatkan produk besutan PrimeSense untuk digunakan pada beragam produk Apple, seperti wearable gadget dan televisi.

"Apple membeli perusahaan teknologi yang lebih kecil dari waktu ke waktu, dan secara umum kami tidak mendiskusikan tujuan atau rencana kami," kata juru bicara Apple, Kristin Huguet.

Sebenarnya, kabar akuisisi PrimeSense tersebut sudah berhembus sejak sekitar satu tahun lalu. Saat itu, Apple menawarkan 280 juta dollar AS kepada perusahaan spesialis sensor 3D tersebut.

PrimeSense merupakan pengembang pertama controller pengenal gerak Xbox, Kinect. Controller ini menggunakan kamera dan sensor untuk mengenali gerakan pemainnya.

Kini, pihak pengembang Xbox, Microsoft, lebih memilih untuk mengembangkan sendiri teknologi dari controller tersebut.

PrimeSense sendiri bukan perusahaan Israel pertama yang diakuisisi oleh Apple. Sebelumnya, perusahaan yang terkenal dengan produk iPhone-nya ini telah membeli perusahaan pembuat flash memory, Anobit, dengan uang sebesar 500 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com