2017, Mesin Uang Baru Google Hasilkan Rp 22 Triliun

Kompas.com - 25/11/2013, 14:15 WIB
Maskot Android KitKat Dokumentasi Sundar Pichai, kepala produk Android dan Chrome, via Google Maskot Android KitKat
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Meski kerap disebut kalah laris dalam hal pendapatan dibanding aplikasi iOS,  aplikasi-aplikasi Android bakal mesin uang baru Google pada tahun-tahun mendatang.

Aplikasi Android yang ditaruh di toko Google Play Store, diprediksi bakal mendatangkan banyak uang bagi Google. Hal ini juga didorong oleh pertumbuhan perangkat Android di pasar global.

Analis Mark May dari Citigroup memprediksi, tahun 2013 akan ada lebih dari 900 juta perangkat Android. Ia memprediksi pendapatan rata-rata per pengguna Android untuk membeli aplikasi mencapai 4,59 dollar AS dan memberi pendapatan 1,3 miliar dollar AS tahun ini.

Di tahun 2014, masih menurut prediksi May, toko Google Play Store akan menerima pendapatan 2,2 miliar dollar AS dari aplikasi yang dibeli pengguna Android. Jumlah tersebut bakal meningkat jadi 5,2 miliar dollar AS pada 2017.

Pendapatan tersebut bisa didapatkan Google dari bagi hasil dengan pengembang, baik yang menjual aplikasi maupun yang menerapkan metode pembelian item digital dalam aplikasi (in-app-purchase).

Sementara itu, May juga memprediksi pendapatan iklan mobile Google dari layanan AdSense. Pendapatan iklan mobile Google pada 2014 diproyeksi mencapai 997 juta dollar AS pada 2014, dan meningkat jadi 1,9 miliar dollar AS pada 2017 (sekitar Rp 22 triliun).

Selama ini, menurut May, publik dan investor mengabaikan tingkat pertumbuhan Google Play Store. Kebanyakan dari mereka fokus pada toko aplikasi Apple App Store dan iklan mobile Facebook.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X